Cuaca Sering Tak Menentu, Ini Sejumlah Aplikasi Pemantau Cuaca yang Bisa Digunakan

Cuaca Ekstrem
Cuaca Ekstrem (net)

KLIKPOSITIF - Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi bahwa Indonesia akan mengalami cuaca ekstrem pada pekan-pekan pertama bulan ini. Meningkatkan kewaspadaan terhadap cuaca sangat diperlukan. Salah satunya dengan dengan cara memantau cuaca di wilayah tempat tinggal dengan menggunakan aplikasi.

Sudah banyak pengembang yang menciptakan aplikasi yang menyediakan informasi seputar cuaca. Berikut ini sejumlah aplikasi radar cuaca yang mampu memantau pergerakan awan hujan dan badai yang bisa anda gunakan:

Rainviewer

Ini adalah aplikasi prakiraan cuaca yang bisa digunakan untuk melihat hujan, badai, maupun salju di peta radar secara live. Rainviewer dapat memantau pergerakan badai di lokasi yang ditandai pengguna hingga 90 menit ke depan. Visualisasi grafis yang ditampilkan juga simpel dan mudah dipahami oleh pengguna awam. Pengguna dapat membagikan prakiraan cuaca dari RainViewer ke media sosial atau aplikasi olah pesan. Aplikasi ini dikembangkan oleh Oleksii Schastlyvyi dan tersedia secara gratis untuk iPhone dan Apple Watch di App Store.My Radar

MyRadar merupakan aplikasi prakiraan cuaca yang cukup akurat dan mudah digunakan. MyRadar mengusung tampilan UI yang canggih dengan animasi radar menarik. Aplikasi ini bisa melaporkan awan hujan dan badai di lokasi yang ditandai oleh pengguna.Windy.com

Ini adalah aplikasi visualisasi prakiraan cuaca yang mengunggulkan keakuratan data. Aplikasi prakiraan cuaca Windy memiliki 40 peta cuaca yang dapat mengindeks angin, hujan, dan gelombang pasang. Dalam deskripsi aplikasi di App Store, Windy digunakan oleh kalangan profesional seperti tim recue, peselancar, pilot, nelayan, dll untuk membantu pekerjaan mereka. Aplikasi ini tersedia secara gratis di App Store untuk iPhone, iPad, dan Apple Watch.

Baca Juga

Editor: Ramadhani