TikTok Rilis Fitur Monetisasi untuk Pengguna, Ini yang Perlu Diketahui

TikTok
TikTok (net)

KLIKPOSITIF - TikTok merilis sejumlah fitur monetisasi dalam sebuah hub yang disebut Creator Next. Peluncuran Creator Next diumumkan melalui situs resmi TikTok Newsroom pada 1 Desember 2021.

Peluncuran Creator Next merupakan sebuah upaya dari TikTok dalam memfasilitasi kreator di platform mereka. TikTok nampaknya ingin mencegah kreator di platform mereka berpindah ke platform lain seperti Instagram, Facebook, atau Twitter yang juga mempunyai fitur monetisasi

baca juga: Tesla Tidak Akan Memproduksi Model Baru pada Tahun Ini

TikTok sendiri mulai mengembangkan fitur monetisasi sejak Oktober 2021 lalu setelah melihat kompetitor mereka mulai mengembangkan fitur serupa.Untuk tergabung dalam Creator Next, pengguna TikTok harus berusia minimal 18 tahun dan mempunyai akun dengan status reputasi baik.

Kemudian, akun TikTok pengguna wajib memiliki lebih dari 100.000 followers. Dilansir dari TikTok Newsroom, TikTok bakal memberikan 100% dari setiap tips yang diberikan followers kepada akun kreator. Pemberian uang tips akan diproses melalui layanan pembayaran Stripe dan pihak pemberi uang tip akan dikenakan sedikit biaya potongan.

Kendati demikian, pengguna aplikasi TikTok di iOS tak perlu membayar komisi 30% yang diwajibkan Apple untuk setiap pembelian dalam aplikasi . Selain tips di Creator Next, kreator TikTok bisa mendapatkan penghasilan dari fitur Live Gifts. Live Gifts memungkinkan akun kreator TikTok untuk menerima uang tips dari pengguna selama mereka mengadakan live streaming.

baca juga: Apple Luncurkan Update iOS 15 untuk Tingkatkan Keamanan Perangkat

Editor: Ramadhani