Windows Buka Peluang untuk Bisa Dioperasikan Pada Mac M1

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Windows membuka peluang untuk bisa digunakan pada Mac M1 milik Apple. Hal ini bisa terjadi karena sistem operasi Windows 10 dan Windows 11 bisa berjalan di chipset berbasis ARM.

Berdasarkan laporan terbaru dari XDA Developers, Microsoft dan Qualcomm saat ini tengah membicarakan kesepakatan untuk menghadirkan Windows di chipset berbasis ARM. Jika kesepakatan tersebut berhasil, kemungkinan Windows juga akan tersedia untuk Mac M1.

baca juga: Apa Beda Repeater, Booster, atau Extender Wi-Fi?

Ketersediaan Windows di Mac M1 sangat berarti bagi beberapa pengguna, khususnya para gamer. Kehadiran sistem operasi Windows disebut-sebut akan lebih mendukung pengalaman bermain pengguna Mac M1. Windows mempunyai lebih banyak fitur gaming dan mendukung lebih banyak game daripada macOS. masih belum ada detail pasti tentang kesepakatan Microsoft dan Qualcomm tentang eksklusifitas Windows di chipset berbasis ARM.

Microsoft dan Qualcomm mungkin saja menghasilkan keputusan bahwa peluncuran Windows hanya untuk chip besutan Qualcomm saja. Hal ini berarti, vendor chipset ARM lain seperti MediaTek, Apple, Samsung, dll harus membuat kesepakatan sendiri jika ingin mendatangkan dukungan Windows di chipset besutan mereka.

baca juga: WhatsApp Uji Lagi Fitur Baru Bernama Reactions

Skenario terbaik yang bisa diharapkan untuk saat ini adalah Apple dan Microsoft bisa bekerja sama untuk mendatangkan Windows untuk berjalan di Mac M1. Apple telah melakukan transisi dari chipset Intel ke proses Apple Silicon M1 sejak 2020 lalu. Chipset M1 sendiri merupakan prosesor berbasis ARM yang diproduksi oleh TSMC.

Pengguna Mac M1 untuk saat ini hanya bisa menjalankan Windows di perangkat mereka melalui mesin virtual. Namun, menjalankan Windows dengan mesin virtual akan memangkas performa Mac M1.

baca juga: iPhone Jadi Ponsel Terlaris di Cina

Editor: Ramadhani