Samsung Kuasai Pangsa Pasar Global Jam Tangan Pintar

Samsung
Samsung (net)

KLIKPOSITIF - Angka pengiriman smartwatch di pasar global meningkat signifikan di Q3 2021. Dilansir dari laporan Counterpoint research melaporkan, pengiriman smartwatch di pasar global meningkat sebesar 16% dibandingkan Q3 2020.

Pangsa pasar smartwatch global kini berhasil dikuasai oleh Samsung . Berdasarkan laporan dari Counterpoint Research, pangsa pasar Samsung meningkat pesat dan mampu menggeser dominasi Apple dan Huawei di Q3 2021. Berkebalikan dengan Samsung , pangsa pasar Apple untuk produk smartwatch turun sebesar 10% di Q3 2021 jika dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun lalu. Kendati demikian, total pangsa pasar Apple masih lebih tinggi dibandingkan dengan Huawei dan Samsung .

baca juga: Apa Beda Repeater, Booster, atau Extender Wi-Fi?

Peningkatan pangsa pasar Samsung ini dipengaruhi oleh 2 faktor. Pertama, produk Samsung Galaxy Watch 4 Series laris manis di pasar Asia. Hal tersebut dikarenakan Samsung Galaxy Watch 4 membawa sistem operasi baru bernama Wear OS. Sistem operasi tersebut merupakan hasil kerja sama antara Google dan Samsung untuk produk smartwatch.

Dilansir dari situs developer Android, Wear OS mempunyai tampilan UI yang lebih rapi dan modern. Faktor kedua, Samsung berhasil menguasai pangsa pasar smartwatch global di Q3 2021 karena Apple belum meluncurkan Apple Watch Series 7 pada saat itu. Apple baru mengumumkan Apple Watch Series 7 pada September 2021 dan mulai menjualnya pada Oktober 2021.Kemungkinan, peningkatan pangsa pasar Samsung di Q3 2021 tak akan bertahan di Q4 2021 karena Apple Watch 7 telah meluncur.

baca juga: WhatsApp Uji Lagi Fitur Baru Bernama Reactions

Editor: Ramadhani