Begini Bukti Honda Hayati Peduli Keselamatan Berkendara

Kampanye keselamatan berkendara Honda Hayati
Kampanye keselamatan berkendara Honda Hayati (Istimewa)

KLIKPOSITIF - Kurangnya kesadaran akan pentingnya keselamatan berkendara menjadi salah satu perhatian bagi PT Hayati Pratama Mandiri selaku Main Dealer Sepeda Motor Honda Sumbar untuk terus menggencarkan sosialisasi keselamatan berkendara kepada semua lapisan masyarakat khususnya kepada para pengguna sepeda motor di usia produktif.

Sebagai pelopor keselamatan berkendara, Honda aktif dengan kegiatan pengenalan safety riding sebagai salah satu upaya menanamkan pemahaman, mulai dari diri sendiri hingga bisa menularkan kepada keluarga, kerabat dan teman sehingga dapat menjadi pengendara motor yang berperilaku tertib dan aman.

baca juga: Usai Berkutat dengan Cedera, Marquez Dinyatakan Fit untuk Tes Pra Musim MotoGP 2022

Hal ini juga secara tidak langsung dapat turut menyebarkan pesan berkendara yang baik dan aman. Tidak hanya penting #Cari_Aman, namun Cari Sehatpun wajib diperhatiakan dengan selalu konsisten menggunakan masker saat berada di luar rumah.

Melatarbelakangi hal tersebut, PT. Hayati Pratama Mandiri terus memperkuat komitmennya di bidang safety riding dengan menggandeng sebanyak mungkin generasi muda sadar akan pentingya keselamatan berkendara di jalan raya.

baca juga: Yamaha Siapkan Motor Listrik Baru Calon Pesaing Honda PCX Elektrik

Pada kesempatan kali ini Honda Hayati bersama dengan tim Safety Riding menggelar sosialisasi keselamatan berkendara kepada para pelajar SMK Pembina Bangsa Bukittinggi, Jum'at (22/10).

Dengan menerapkan protokol kesehatan seperti cuci tangan, memakai masker serta jaga jarak, acara yang dipandu oleh Dio Suryanto selaku Safety Riding Instructor PT. Hayati Pratama Mandiri diikuti oleh lebih kurang 70 orang siswa-siswi dan guru dari SMK Pembina Bangsa Bukittinggi.

baca juga: Tak Harus Operasi, Begini Kondisi Marc Marquez Pasca Jatuh Saat Latihan

Sosialisasi ini bertujuan untuk menimbulkan dan memupuk kepedulian akan keselamatan berkendara di kalangan pelajar dan para pengguna sepeda motor. Karena survey di lapangan membuktikan, kalangan pelajar dan usia produktif sangat rentan terlibat dalam kecelakaan lalu lintas yang disebabkan dari rendahnya kesadaran akan pentingnya #cari_aMaN saat berkendara, serta faktor kondisi kendaraan yang minim perawatan serta kondisi prasarana jalan yang buruk.

Di awal sesi pada edukasi ini, para peserta diberikan pre test terkait safety riding serta ditutup degan post test di akhir seminar.

baca juga: Honda Beri Sentuhan Baru untuk Honda Winner X 2022

"Sebelum berkendara sebaiknya kita harus terlebih dahulu memastikan kelengkapan berkendara seperti pemakaian helm yang standard yang berlogo SNI, menggunakan sarung tangan, jaket serta kelengkapan SIM dan STNK. Di samping itu kita juga mengecek kondisi motor seperti bahan bakar, tekanan angin ban dan kondisi rem," ujar Dio.

Marketing Communication & Development Manager PT Hayati Pratama Mandiri Asri Wirawan mengatakan dengan adanya sosialisasi safety riding ini kami harapkan nantinya para peserta dapat menerapkannya di kehidupan sehari-hari serta juga dapat menularkan kebiasaan ini di keluarga dan lingkungan sekitar mereka.

"Sesuai dengan filosofi Honda tentang keselamatan, Honda menghargai kehidupan manusia dengan menciptakan kendaraan dengan teknologi paling aman dan memberikan edukasi tentang keselamatan berkendara. Tidak hanya melalui teori saja namun Honda sudah berkomitmen menyediakan fasilitas pelatihan berkendara yang sudah tersedia di Sumatra dan Jawa dan terbesar di Asia Tenggara ada di Cikarang Bekasi" tambah Wira.(*)

Editor: Ocky Anugrah Mahesa