Apple Rilis Dua Jenis CPU Baru untuk Komputer Mac Profesional

Macbook
Macbook (net)

KLIKPOSITIF - Tahun lalu Apple telah merilis Apple M1 untuk pengguna umum. Kini Apple telah merilis CPU terbaru mereka yakni Apple Silicon untuk komputer Mac kalangan profesional.

Apple langsung merilsi 2 CPU baru untuk Mac. Yaitu Apple M1 Pro dan Apple M1 Max. Disebutkan bahwa teknolog baru yang ada di Apple M1 Pro dan Apple M1 Max belum pernah ada sebelumnya untuk kalangan profesional.

baca juga: Apa Beda Repeater, Booster, atau Extender Wi-Fi?

Teknologi ini berupa arsitektur system-on-a-chip, peningkatan CPU dan GPU sangat cepat dibandingkan M1, kecepatan memory bandwidth hingga 6x lipat, ProRes dan beragam lainnya. Apple M1 Pro dibuat dengan fabrikasi 5 nanometer teknologi terbaru dan paling kecil untuk CPU laptop. Total ada 33,7 miliar transistor dalam CPU Apple M1 Pro, jumlah ini 2x lipat daripada M1.

Jumlah inti utama CPU yang digunakan dapat mencapai 10 Core yang dibagi dalam 8 high-performance dan 2 high-efficiency. Apple mengklaim M1 Pro mencapai kecepatan 70% lebih tinggi dibandingkan M1. M1 Pro dibekali dengan 16 Core GPU yang setara 2x lipat dengan M1.

baca juga: WhatsApp Uji Lagi Fitur Baru Bernama Reactions

Untuk bagian Unified Memory alias memori terpadu, spek standar yang digunakan adalah 16GB memory dan dapat dikonfigurasi hingga 32GB. Dituliskan juga bahwa memory bandwidth di M1 Pro dapat mencapai 200GB/s, sehingga mampu membantu kamu melakukan tugas berat dengan kecepatan akses tinggi seperti mengolah animasi 3D atau pengembangan aplikasi dan games.

Selain M1 Pro, Apple juga merilsi CPU Apple M1 Max yang punya tenaga lebih besar. Apple M1 Max masih tetap menggunakan teknologi 10 Core CPU. Namun untuk GPU, M1 Max mampu menggunakan konfigurasi maksimal hingga 32 Core GPU. Itu artinya performa GPU di M1 Pro mampu lebih cepat hingga 4x lipat dibandingkan M1 yang rilis tahun lalu.

baca juga: iPhone Jadi Ponsel Terlaris di Cina

Apple menjelaskan bahwa M1 Max menggunakan total 57 miliar transistor, membuatnya 70% lebih banyak daripada M1 Pro dan 3,5x lebih banyak daripada M1. Dengan kartu grafis super cepat ini, M1 Max dapat melakukan pekerjaan seperti rendering video dengan pengatura yang kompleks via Final Cut Pro hingga 13x lebih cepat dibandingkan MacBook Pro generasi sebelumnya.

Lanjut ke teknologi Unifide Memory, M1 Max mendukung konfigurasi hingga 64GB. Sedangkan memory interface yang digunakan juga 2x lebih cepat dibandingkan M1 Pro yaitu 400GB/s. Dengan teknologi CPU yang didesain sendiri oleh Apple , maka integrasi setiap hardware bisa menjadi lebih optimal. Hal ini juga berlanjut pada peningkatan performa dan baterai yang lebih hemat.

baca juga: Rilis Ulang Fitur Q&A di TikTok, Begini Cara Pakainya

Baik M1 Pro atau M1 Max, kini mendukung ProRes professional video codec. Sehingga pengguna seperti editor atau videografer dapat mengolah gambar gerak dengan resolusi tinggi seperti 4K hingga 8K ProRes video dengan tetap hemat baterai. M1 Max juga disebut punya kemampuan video encoding hingga 2x lebih kencang dibandingkan M1 Pro karena mendukung ProRes accelerators hingga 2x.

Apple menjelasakan bahwa CPU Apple M1 Max dapat melakukan transcode ProRes video di aplikasi Compressor hingga 10x lebih cepat dibandingkan MacBook Pro 16 inci generasi sebelumnya. Kedua CPU baru ini langsung digunakan Apple pada jajaran komputer MacBook Pro terbaru alias MacBook Pro 14 inci dan MacBook Pro 16 inci. Untuk MacBook Pro 14 inci menggunakan CPU Apple M1 Pro dan MacBook Pro 16 inci dengan CPU Apple M1 Max.

Editor: Ramadhani