Instagram Siapkan Dua Fitur Baru untuk Jaga Mental Pengguna

Instagram
Instagram (net)

KLIKPOSITIF - Instagram akan mendapat penambahan dua fitur baru oleh pengembangnya. Dua fitur baru ini diketahui akan fokus untuk menjaga kesehatan mental pengguna.

Rencana perilisan 2 fitur kesehatan mental Instagram ini diungkapkan oleh Nick Clegg sebagai VP Facebook dalam acara CNN State of Union pada 10 Oktober lalu. Rencana perilisan 2 fitur kesehatan mental di Instagram merupakan sebuah respon terhadap penelitian yang menunjukan bahwa Instagram memiliki efek negatif pada kesehatan mental anak muda.

baca juga: Apa Beda Repeater, Booster, atau Extender Wi-Fi?

Penelitian tersebut mampu mempengaruhi pemikiran politisi dan masyarakat tentang potensi bahaya Instagram terhadap kesehatan mental anak muda. Maka dari itu, Facebook merespon hasil penelitian tersebut dengan mengenalkan 2 fitur kesehatan mental di Instagram .

Selain itu, Facebook nampaknya ingin memanfaatkan momen hari kesehatan mental dunia pada 10 Oktober lalu untuk mengenalkan 2 fitur kesehatan mental Instagram . Nick Clegg menyatakan bahwa Facebook akan menatangkan 2 fitur kesehtan mental bernama 'take a break' atau 'istirahat' dan 'nudge' atau 'menjauhkan'.

baca juga: WhatsApp Uji Lagi Fitur Baru Bernama Reactions

Fitur 'nudge' akan menjauhkan pengguna dari konten-konten yang berpotensi membuat minder pengguna. Fitur ini juga bisa mendorong pengguna untuk melihat topik lain yang tak memunculkan pemikiran untuk membandingkan status sosial, pencapaian individu, prestasi, dll.

Dengan begitu, pengguna diharapkan dapat menjadi diri sendiri dan lebih percaya diri dalam menghadapi kehidupan nyata. Kemudian, fitur bernama 'take a break' memungkinkan pengguna untuk menghentikan akun pribai. Fitur ini diharapkan mampu membatasi aktvitas yang berlebihan di Instagram .

baca juga: iPhone Jadi Ponsel Terlaris di Cina

Instagram juga berharap bahwa pengguna bisa meluangkan waktu sejenak untuk mempertimbangkan apakah waktu yang mereka habiskan di Instagram bermakna bagi kehidupan. Dilansir dari The Verge, seorang juru bicara Facebook mengungkapkan bahwa 2 fitur kesehatan mental masih belum masuk dalam tahap pengujian.

Editor: Ramadhani