Google Bakal Ubah Desain Aplikasi Google Suite iOS

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Google akan mengubah desain aplikasi -aplikasi yang tergabung dalam Google Suite versi iOS. Perubahan desain bertujuan untuk menyelaraskan tampilan UI Google Suite dengan desain UI iOS.

Perubahan desain UI Google Suite memberikan kenyamanan bgi pengguna saat menjalankan aplikasi yang tergabung dalam Google Suite seperti Youtube, Google Maps, Gmail, Drive, Chome, Google Meet, dll. Perubahan desain aplikasi Google Suite di iOS diumumkan langsung oleh kepala desain Google untuk platform iOS bernama Jeff Verkoeyen.

baca juga: Facebook Diberitakan Akan Ganti Nama, Ini Perkiraan Nama Barunya

Melalui postingan di akun Twitternya, Jeff mengungkapkan bahwa Google akan beralih menggunakan desain UIKit yang merupakan framework untuk membuat desain UI di iOS dan iPadOS. Google hingga saat ini masih menggunakan desain UI Android pada aplikasi -aplikasi Google di perangkat iOS.

Tercatat, Google telah menerapkan desain UI Android pada aplikasi Google Suite iOS selama lebih dari 10 tahun. Jeff menjelaskan bahwa penggunaan desain UI Android di iOS bertujuan untuk menyeragamkan pengalaman pengguna di aplikasi Google versi iOS, Android, dan Desktop. Penggunaan UIKit untuk Merubah Desain Aplikasi Google Suite

baca juga: Produksi CPU Sendiri, Apple Resmi Hentikan Jual Produk dengan CPU Intel

Sebelumnya, Google enggan menggunakan UIKit dari Apple karena alat tersebut mempunyai bahasa desain yang berbeda. Google merasa bahwa penggunaan UIKit pada aplikasi Google di iOS akan membuat pengalaman pengguna saat menjalankan aplikasi menjadi tak konsisten.

Dengan adanya iOS 14 dan yang terbaru, Google percaya bahwa desain UIKit telah cukup ditingkatkan untuk digunakan secara luas di aplikasi Google Suite iOS dan iPadOS. Jeff mengaku timnya telah melakukan evaluasi mendalam tentang desain aplikasi Google untuk platform iOS sejak awal 2021. Rencananya hasil evaluasi tersebut akan ditindaklanjuti dengan perubahan desain aplikasi Google di platform iOS.

baca juga: Siapkan Fitur Baru, Pengguna Clubhouse Bakal Bisa Dengarkan Musik

Editor: Ramadhani