Honda Ikut Kembangkan Pesawat yang Bisa Mendarat dan Lepas Landas dalam Kota

Honda eVTOL
Honda eVTOL (net)

KLIKPOSITIF - Honda mulai mengembangkan roket termasuk pesawat lepas landas dan pendaratan vertikal listrik, robot avatar dengan tujuan untuk memperluas jangkauan kemampuan manusia dan tantangan baru di bidang luar angkasa. Dilansir dari pernyataan resminya Honda juga mengembangkan pesawat eVTOL yang bisa lepas landas dan mendarat secara vertikal.

Kendaraan terbang ini ditenagai oleh motor listrik, ramah lingkungan dan mudah diakses orang-orang. Adopsi teknologi tenaga hybrid memungkinkan perluasan jangkauan, yang memungkinkan Honda eVTOL menyediakan transportasi antar kota (city-to-city), di mana ukuran pasar diperkirakan akan tumbuh di masa depan.

baca juga: Bersiap untuk Pasar Asia Pasifik, Royal Enfield Rakit Motornya di Thailand

Honda mengembangkan pesawat eVTOL (electric Vertical Take-off and Landing) dengan memanfaatkan berbagai teknologi inti agar memudahkan akses orang-orang untuk beraktivitas di langit. Selain operasi bersih yang diwujudkan oleh teknologi elektrifikasi, eVTOL memiliki fitur keselamatan pada tingkat yang setara dengan pesawat penumpang komersial yang diwujudkan dengan strukturnya yang sederhana dan sistem propulsi terdesentralisasi serta ketenangan karena diameter rotor yang relatif kecil.

Hal ini memungkinkan eVTOL untuk lepas landas dan mendarat di tengah kota tanpa menimbulkan masalah kebisingan. Karena fitur-fitur tersebut, perlombaan pengembangan pesawat eVTOL semakin gencar.

baca juga: Gandeng Amazon, Dorna Buat Serial Dokumenter MotoGP untuk 2022

Hanya saja pesawat eVTOL all-electric menghadapi masalah jangkauan karena kapasitas baterai yang terbatas, oleh karena itu area penggunaan yang realistis terbatas untuk transportasi dalam kota (dalam kota). Untuk mengatasi masalah ini dan mewujudkan transportasi antarkota yang ramah pengguna dengan jangkauan yang lebih jauh, Honda akan memanfaatkan teknologi elektrifikasinya dan mengembangkan Honda eVTOL yang dilengkapi dengan unit tenaga hibrida turbin gas.

Selain itu, selain teknologi elektrifikasi, Honda eVTOL akan menampilkan teknologi yang telah dikumpulkan Honda di sejumlah bidang berbeda seperti teknologi pembakaran, aerodinamika, dan kontrol. Honda juga tengah mempercepat penelitian di bidang teknologi luar angkasa dan berkeinginan membangun sistem energi terbarukan sirkulatif di permukaan Bulan dengan memanfaatkan teknologi sel bahan bakar Honda dan teknologi elektrolisis air tekanan diferensial tinggi.

baca juga: Mitsubishi Belum Bisa Putuskan Soal Kehadiran Xpander Hybrid

Honda akan melibatkan robot dengan tangan multi-jari Honda , fungsi remote control yang didukung AI, dan teknologi kontrol torsi yang sangat responsif ke robot yang dikendalikan dari jarak jauh yang akan melakukan tugas di permukaan Bulan

.

baca juga: Begini Honda Hayati Peduli Keselamatan Berkendara Generasi Muda

Editor: Ramadhani