Nafas Panjang Perjuangan Benelli Jelajahi Pasar Motor Italia di Sumbar

Dealer Benelli Padang
Dealer Benelli Padang (KLIKPOSITIF/Ocky Anugrah Mahesa)
KLIKPOSITIF

- Benelli adalah produk sepeda motor asal negeri Pizza-Italia. Kini produk motor yang didesain unik tersebut telah hadir di Kota Padang .

Tepat bulan Juni 2021 lalu, dealer Benelli hadir dengan niat untuk menjelajahi pasar sepeda motor Italia di Sumatera Barat, demikian yang diungkapkan oleh Yopi Sutana, pemilik Benelli Kota Padang .

baca juga: Ada Gelandang Muda Semen Padang FC Saat Timnas U-23 Kalahkan Tajikistan 2-1

Perjalanan Benelli untuk masuk ke Kota Padang tidak mudah. Yopi menceritakan, awalnya Benelli sudah mulai penjajakan pembukaan dealer di Padang sejak tahun 2017 lalu, namun tidak terrealisasi.

"Saat itu peluang pasarnya kecil, sehingga ada pilihan lain untuk buka dealer di kota lain. Padahal pada 2017 itu peminat Benelli di Padang cukup banyak," kata Yopi.

baca juga: Sakit Stroke, Andre Rosiade Bantu Lansia di Padang Sarai

Minimnya peluang pasar, Benelli akhirnya memutuskan untuk hadir di Pekanbaru dan Palembang.

Namun Yopi sebagai seorang pelaku bisnis otomatif kemudian memilih langkah yang terbilang nekat. Berbekal dari pengiriman motor Benelli dari Jakarta ke Padang , ia kemudian memilih untuk membuka dealer motor pabrikan Italia itu, didukung dari agen pemegang merek Benelli di Indonesia.

baca juga: Andre Rosiade Bantu Balita Penderita Jantung Bocor di Lubeg, Padang

"Saya yakin Benelli bisa jadi pemain baru yang patut diperhitungkan oleh pasar otomotif di Padang . Sebab, dengan pengalaman pengiriman motor ke Padang , saya merasa Benellli akan punya marketnya sendiri di tengah ketatnya persaingan di pasar otomotif," jelas dia.

"Segmen motor Benelli ini memang beda dengan pabrikan motor lainnya. Buktinya, sekarang motor ini banyak yang incar, termasuk salah satunya Wali Kota Padang , Hendri Septa" imbuh dia.

baca juga: Andre Rosiade Serahkan 5 Hand Tracktor untuk Kelompok Tani di Sumbar

Selama 3 bulan hadir di Padang , Yopi menilai Benelli sangat cocok dengan medan jalan di Sumatera Barat.

"Awal-awal di Padang , saya sering riding bareng komunitas motor Benelli . Kami sudah riding ke Mandeh, Malalak, Bungus, Pariaman, Alahan Panjang, dan Padang Panjang. Setelah coba-coba libas trek ekstrim di Sumbar, saya pikir Benelli cocok sama alamnya Sumbar sendiri," papar dia.

Bermula dari permintaan itu, Yopi mengaku kini ia banjir permintaan motor Benelli . Tidak hanya dari Kota Padang , namun dari berbagai daerah lain seperti Batusangkat dan Pasaman.

"Progresnya sejauh ini cukup bagus dan kami siapkan motor motor dari berbagai tipe andalan bikers," jelas Yopi.

Tidak hanya itu, menurut Yopi kehadiran dealer Benelli di Padang adalah untuk menjawab kebutuhan pemilik-pemilik Benelli di Sumbar. Sebab sebelumnya, para pemilik itu kesulitan untuk merawat motornya karena keterbatasan layanan.

"Dulu, bagi yang mau service harus ke Pekanbaru dulu yang terdekat. Sekarang sudah bisa disini. Kehadiran kami memang untuk menjawab kebutuhan klien-klien sebelumnya," ucap dia.

Untuk memenuhi hal tersebut, ia pun memastikan ketersediaan onderdil, " Benelli di Padang tersedia 3-S (Sales, Service dan Spare part) jadi ada bengkel resmi nya untuk service rutin motor Benelli serta ketersediaan kebutuhan spare part nya. Kalaupun ada yang kosong, kami bisa pesan ke Jakarta dan dua hari sudah sampai disini. Jadi konsumen tidak perlu lama-lama menunggu onderdil," pungkasnya kemudian.

Adapun motor-motor yang tersedia di dealer Benelli Padang adalah Patagonian Eagle 250 EFI, Patagonian Eagle 250, Motobi 200 EFI, Motobi 200 EVO, dan Motobi 152.

Selain itu, ada pula motor lain yang juga tersedia di dealer ini yaitu Keeway V250FI.

Selain produk-produk di atas, dealer Benelli Padang juga memberikan layanan pemesan motor Benelli TNT 249 S, TNT 25, TNT 135, TRX 251, dan Leoncino 250.(*)

Editor: Ocky Anugrah Mahesa