iOS 15 Bawa banyak Fitur Baru, Ini Sejumlah Fitur yang Layak Dicoba

iOS15
iOS15 (net)

KLIKPOSITIF - Sejumlah fitur baru di iOS 15 dan iPadOS 15 telah resmi dirilis Apple untuk pengguna umum. Sebagian besar juga berupa perubahan tampilan dan perbaikan fitur keamanan.

Salah satu fitur baru yang menarik adalah Live Text. Fitur ini adalah fitur pengenalan teks di dokumen foto atau saat akan melakukan jepret kamera. Fitur yang mengandalakan on-device intelligence di perangkat iPhone atau iPad ini dapat membuat dokumen foto dengan teks lebih interaktif.

baca juga: Facebook Diberitakan Akan Ganti Nama, Ini Perkiraan Nama Barunya

Contohnya gambar papan tanda jalan atau mungkin nota belanjaan yang disimpan di Photos, teks yang ada di gambar tersebut bisa langsung di copy and paste, lookup, atau terjemahkan secara langsung. Bahkan untuk di aplikasi Camera, Live Text bisa bekerja sebelum pengguna menekan tombol jepret kamera untuk melakukan copy paste dari teks yang ada di tangkapan kamera.

Selanjutnya dalah fitur Focus. Fitur ini bisa dibilang sebagai pengembangan dari Do Not Disturb. Dengan Focus, pengguna bisa melakukan beragam kegiatan dengan lebih fokus dan tidak terganggu notifikasi atau tampilan di Homescreen yang tidak diperlukan.

baca juga: Produksi CPU Sendiri, Apple Resmi Hentikan Jual Produk dengan CPU Intel

Contohnya ketika sedang bekerja, aktifkan saja Focus dengan mode mengijinkan notifikasi pesan dan panggilan dari teman kantor saja, halaman aplikasi yang tampil khusus di bagian aplikasi untuk bekerja dan senyapkan beragam notifikasi dari aplikasi hiburan dan games.

Focus juga bisa diaktifkan secara terjadwal dan setiap pengaturan Focus yang sedang digunakan, akan berlaku pada semua perangkat Apple digunakan. Misalkan aktifkan Focus di mode Work pada iPhone, akan berpengaruh juga di Apple Watch dan juga iPad yang kamu gunakan.

baca juga: Siapkan Fitur Baru, Pengguna Clubhouse Bakal Bisa Dengarkan Musik

Update iOS 15 memberikan tampilan baru untuk bagian notifikasi. Kini ukuran font di notifikasi dibuat sedikit lebih besar dan detail ikon atau foto dari kontak yang mengirim pesan akan tampil di deretan kiri. Fitur baru yang diberikan adalah Notification Summary yaitu berupa rangkuman dari notifikasi yang kamu dapatkan di pagi hari atau malam atau sesuai jadwal yang kamu inginkan. Rangkuman ini ditampilkan secara khusus berdasarkan urutan prioritas dan kebiasaan yang sering dilakukan.

Fitur baru lainnya adalah pengguna bisa senyapkan atau Mute notifikasi dari aplikasi yang dipilih berdasarkan waktu atau seharian.

baca juga: Pengguna Instagram Bisa Jadwalkan IG Live dengan Fitur Live Scheduling, Begini Cara Menggunakannya

Editor: Ramadhani