iOS 15 Resmi Dirilis, Fitur Keamanan Face ID Makin Ketat

iOS 15
iOS 15 (net)

KLIKPOSITIF - Apple telah resmi merilis update iOS 15. Sistem operasi baru milik Apple ini membawa sejumlah hal dan fitur baru.

Salah satu yang Apple bawa pada update iOS 15 ini adalah peningkatan keamanan pada fitur Face ID. Dengan fitur baru, diharapkan iPhone pengguna akan semakin aman dari hal-hal yang tidak diinginkan, terutama yang mengancam keamanan perangkat.

baca juga: Facebook Diberitakan Akan Ganti Nama, Ini Perkiraan Nama Barunya

Lewat update iOS 15, fitur Face ID iPhone akan dapat mendeteksi adanya penipuan. Algoritma Face ID bakal bisa membedakan wajah asli pengguna dan wajah tiruan atau imitasi. membuat wajah tiruan menggunakan konstruksi model 3D bukanlah sesuatu yang mustahil.

Bahkan, sejumlah wajah tiruan memiliki kemiripan yang cukup akurat dengan wajah asli. Sebelumnya, fitur Face ID mengalami kesulitan dalam membedakan yang mana wajah asli, yang mana wajah tiruan.

baca juga: Produksi CPU Sendiri, Apple Resmi Hentikan Jual Produk dengan CPU Intel

Karena hal itu, Face ID dapat dibuka menggunakan wajah tiruan yang mirip dengan si pengguna. Namun kini melalui update iOS 15, kelemahan tersebut dapat ditanggulangi sehingga Face ID sudah dapat membedakan wajah asli dan wajah tiruan.

Sementara itu, tidak hanya peningkatan keamanan fitur Face ID saja, Apple pun meningkatkan keamanan di sejumlah fitur lain. Apple merilis peningkatan keamanan Face ID ini untuk sejumlah perangkat iPhone seperti iPhone X, iPhone XR, iPhone XS (semua model), iPhone 11 (semua model), dan iPhone 12 (semua model). Tidak hanya untuk smartphone iPhone saja, peningkatan ini pun dibawa Apple untuk perangkat tablet iPad.

baca juga: Siapkan Fitur Baru, Pengguna Clubhouse Bakal Bisa Dengarkan Musik

Editor: Ramadhani