Tingkatkan Keamanan Berkendara, Peneliti di Australia Kembangkan Teknologi Hubungkan Pengemudi

Teknologi ICVP
Teknologi ICVP (net)

KLIKPOSITIF - Sebuah penelitian di Australia menciptakan sebuah teknologi untuk meningkatkan keamanan pengemudi mobil. University of Technology Australia mengembangkan proyek Ipswich Connected Vehicle Pilot (ICVP) untuk membantu pengemudi mobil mengetahui kendaraan lain di sekitar.

Program ICVP yang diluncurkan pada 7 Agustus 2021 ini bertujuan untuk melengkapi 500 mobil dengan teknologi Cooperative Intelligent Transport Systems (C-ITS) dan 30 sinyal lalu lintas pinggir jalan yang dilengkapi dilengkapi perangkat komunikasi . Dalam aplikasi teknologi itu, kap mesin mobil dipasangi antena, kotak komunikasi di bawah kursi pengemudi, dan perangkat dasbor menampilkan peringatan keselamatan kepada pengemudi.C-ITS akan memberitahu pengemudi terkait lampu lalu lintas, batas kecepatan, proyek pekerjaan jalan, dan bahaya melalui sinyal. " Teknologi baru ini akan membantu pengemudi agar lebih aman menyetir, dan pada akhirnya menekan angka kecelakaan," jelas Andry Rakotonirainy, Direktur CARRS-Q QUT, dikutip dari Rideapart.

baca juga: Skuter Listrik BMW CE 04 Jadi Kendaraan Patroli Polisi di Paris

Dia menambahkan, pihaknya telah melakukan banyak pengujian teknologi baru ini untuk memastikan tidak mengganggu pengemudi. Lewat pemberitahuan berupa peringatan sedini mungkin, bisa membantu pengemudi mengadopsi perilaku yang lebih aman saat berkendara. "Juga akan membantu menghindari tabrakan, membantu pengemudi lebih waspada terhadap pengendara sepeda dan pejalan kaki, serta mengurangi kemacetan di jalan yang sibuk," terangnya.

Sejauh ini teknologi yang dikembangkan masih dalam tahap uji coba. Rencananya akan dirilis pada 2022.

baca juga: BMW Siapkan Platform Baru untuk Semua Jenis Mobil Listrik, Dirilis Pada 2025

Editor: Ramadhani