Honda GL1800 Gold Wing Versi Baru Dirilis, Bawa Sejumlah Fitur Baru

Honda GL1800 Gold Wing
Honda GL1800 Gold Wing (net)

KLIKPOSITIF - Model terbaru dari motor premium produksi Honda telah resmi dipasarkan. Honda GL1800 Gold Wing memiliki sejumlah fitur baru.

Honda tetap mempertahankan konsep 'The Honda Premium Tourer', namum menambah panjang bodi. Adapun dimensi pada model lalu yakni (PxLxT) 2579 mm x 905 mm x 1432 mm. Sementara dari panjang wheelbase mencapai 1.698 dan ground clearance 129 mm, dengan tinggi jok ke tanah hingga 745 mm dan berat kotor 380 kg.

baca juga: Skuter Listrik BMW CE 04 Jadi Kendaraan Patroli Polisi di Paris

Penggunaan kualitas material jok lebih baik menambah kesan mewah dan berkelas, ditambah pegangan penumpang yang lebih besar memberikan pengalaman berkendara semakin nyaman. Unsur kemudahan konektivitas berkat adanya fitur Apple CarPlay dan juga Android Auto sehingga memberi kenyamanan optimal bagi penggunanya selama perjalanan. Tambahan 2 slot USB juga memastikan pengguna tidak perlu khawatir kehabisan daya gadget selama berkendara jarak jauh.

Keunggulan lainnya adalah kapasitas bagasi (top-side box) bertambah 11 liter, sehingga kapasitas penyimpanan pada top box kini total menjadi 61 liter. Perjalanan semakin menyenangkan dengan adanya speaker baru yang menghasilkan kualitas suara lebih sempurna. Kenyamanan lain juga ditopang dari penyempurnaan suspensi belakang.

Pada model GL1800 Gold Wing terbaru ini juga dilengkapi dengan lampu kabut yang terletak di sisi depan mesin sehingga memberikan kesan yang mewah, sekaligus membantu pencahayaan di malam hari. "Kami menghadirkan Honda GL1800 Gold Wing terbaru dengan berbagai penyempurnaan dari sisi fitur yang semakin canggih dan memberikan kenyamanan maksimal," kata Direktur Marketing AHM Thomas Wijaya.

baca juga: BMW Siapkan Platform Baru untuk Semua Jenis Mobil Listrik, Dirilis Pada 2025

Dari sektor dapur pacunya, GL1800 Gold Wing masih disematkan mesin berkapasitas murni 1.833 cc berpendingin cairan 6 silinder yang dipasang horizontal berlawanan. Dikawinkan dengan transmisi 7 percepatan plus Dual Clutch Transmission (DCT) yang dilengkapi dengan forward/reverse Walking Mode, menghasilkan tenaga 124 hp dan torsi puncak 170 Nm pada putaran 4.500 rpm.

Rangka yang digunakan Honda GL1800 Gold Wing adalah dirancang untuk mendapatkan manuverabilitas di kecepatan rendah dan tetap menjaga stabilitas di kecepatan tinggi. Motor ini dipasangkan rangka tipe diamond twin tube dan juga swingarm berbahan aluminium, menghasilkan bobot motor yang ringan dengan titik rendah gravitasi dan pemusatan massa yang dapat berkontribusi signifikan terhadap kelincahan.

baca juga: Digitalisasi Pajak, Kendaraan Bayar Pajak Akan Ditempeli Stiker Hologram

Penunjang kenyamanan berkendara, disematkan sistem throttle-by-wire (TBW) yang memiliki 4 mode riding (Tour, Sport, Econ, dan Rain), Honda Selectable Torque Control (HSTC), Hill Start Assist, dan sistem cruise-control yang dapat disetel sesuai kebutuhan. Memilih mode riding yang sesuai kondisi jalan dapat dilakukan melalui tombol yang dapat terlihat di layar display berwarna 7 inci. Kecerahannya dapat berubah otomatis sesuai kondisi cahaya atau pengendara dapat menyesuaikan dengan 8 tingkat kecerahan.

Model ini juga dilengkapi dengan windscreen yang dapat diatur secara elektrik melalui tombol pada sisi kiri handle bar, sehingga memberikan perlindungan sempurna dari angin saat perjalanan.

baca juga: Kawasaki Siapkan Motor Baru, Disebut Bakal Jadi Pesaing Yamaham MX- King

Terkait harga, Honda GL1800 Gold Wing terbaru dibanderol Rp1.147.500.000, atau mengalami kenaikan hingga Rp74 jutaan dari model sebelumnya. Hadir dengan pilihan warna Candy Ardent Red, model ini dipasarkan secara eksklusif di 11 showroom Big Wing Honda di 9 kota besar di Indonesia.

Editor: Ramadhani