Menang Gugatan, Nintendo dapat Miliaran Rupiah dari Pembajak Game Miliknya

.
. (Net)

KLIKPOSITIF - Perusahaan game legenderis Nintendo , yang melayangkan gugatan kepada situs bernama RomUniverse menang gugatan dan situs unduh game bajakan itu harus membayar ganti rugi sebesar USD2,1 juta atau sekitar Rp30,1 miliar.

Selain itu, pengelola RomUniverse bernama Matthew Storman yang berdomisili di Los Angeles, Amerika Serikat, harus menutup permanen situs yang dikelolanya.

baca juga: Sumbar Siapkan Tim Selesaikan Persoalan Aset Lahan Padang Industrial Park

Melansir dari IGN Asia Tenggara, Kamis (19/8/2021), gugatan tersebut sebenarnya sudah dilayangkan Nintendo sejak 2019. Situs tersebut diketahui telah melanggar hak cipta daring dari banyak judul populer besutan Nintendo .

Meski sempat menolak, pengadilan akhirnya memutuskan untuk memerintahkan penutupan lantaran meminimalisir kemungkinan situs tersebut kembali beroperasi.

baca juga: Anggota DPR Ini Minta Tindak Oknum Polisi yang Intimidasi Warganet

Pengadilan juga melarang RomUniverse untuk menyalin, mendistribusikan, menjual atau memainkan salinan ilegal dari Nintendo . Termasuk menggunakan merek dagang, logo atau nama Nintendo dengan cara apapun juga.

Bahkan, hakim Marshall yang memimpin persidangan tersebut memerintahkan Storman untuk menghancurkan seluruh game Nintendo bajakan yang ia miliki.

baca juga: Sudah 50 Warga Binaan Lapas Pariaman Terima Asimilasi COVID-19

Editor: Eko Fajri