Ini 6 Ide Lomba Rayakan HUT RI Secara Virtual Ditengah Pandemi Covid-19

ilustrasi
ilustrasi (ist)

KLIKPOSITIF - Perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang selalu diperingati pada tanggal 17 Agustus tentu takkan meriah tanpa kehadiran lomba-lomba 17an.

Namun, bagi kamu yang masih harus menghabiskan libur 17 Agustus di rumah aja, bukan berarti kamu nggak bisa tetap merayakan hari kemerdekaan dengan meriah, lho.

baca juga: Lampaui Tiongkok dan Korsel, PMI Manufaktur Indonesia Ada di Level 53,9

Ada banyak sekali alternatif lomba 17an virtual yang bisa kamu kreasikan agar tetap bisa merayakan keseruan peringatan 17 Agustus baik bersama para tetangga, sahabat, ataupun keluarga.

Dilansir dari traveloka, yuk, mulai rencanakan perayaan hari kemerdekaan RI di rumah aja dengan berbagai ide lomba 17an virtual berikut:

baca juga: Kemenag Terbitkan SE Saat Perayaan Natal 2021, Ini Isinya

1. Turnamen E-Sport

Jika lingkunganmu merupakan penggemar dari mobile game, melakukan turnamen E-Sport bisa jadi salah satu alternatif lomba 17an seru yang bisa dilakukan secara virtual. Untuk menyelenggarakan lomba 17an virtual ini, kamu tinggal menentukan mobile game apa yang paling banyak dimintai para peserta, seperti mobile legend, PUBG, ataupun AOV. Kemudian, kamu tinggal menyusun peserta per-tim dan mengadu setiap tim lewat satu game permainan dan kemudian para pemenang di adu lagi hingga kamu mendapatkan satu tim yang memenangkan game terkahir mengalahkan semua tim. Cukup bermodalkan smartphone, kuota internet, kamu bisa selenggarakan lomba 17an virtual ini dari rumah masing-masing dengan praktis.

baca juga: Cegahan 'Stunting', Komisi IX Berharap Adanya Kolaborasi Intitusi Pendidikan

2. Kuis Cerdas Cermat Virtual

Pada saat perayaan HUT RI di sekolah, salah satu perlombaan yang kerap diselenggarakan adalah kuis cerdas cermat. Lomba dengan konsep kuis ini juga bisa kamu lakukan secara virtual, lho. Ada banyak aplikasi yang bisa membantumu untuk mengorganisir kuis cerdas cermat, salah satunya aplikasi Kahoot.

baca juga: Pemerintah Lanjutkan Program PEN di 2022, Anggarannya Rp 414 Triliun

Panitia cukup menyusun pertanyaan-pertanyaan melalui aplikasi Kahoot dan kemudian semua peserta yang telah memiliki aplikasi Kahoot bisa bergabung dan berlomba menjawab setiap pertanyaan. Sesuai dengan nama lombanya, peserta harus menjawab pertayaan pertanyaan dengan benar dan dalam waktu secepat mungkin untuk mendapatkan poin tertinggi. Pada akhir permainan, aplikasi Kahoot akan secara otomatis menghitung jumlah poin dan mengumumkan nama pemenangnya. Mudah, bukan?

3. Lomba Menghias Rumah

Salah satu lomba 17an yang cukup umum ditemukan di daerah-daerah adalah lomba menghias gapura. Lomba dengan konsep serupa juga bisa kamu lakukan dengan warga di lingkunganmu dengan lomba menghias rumah dengan tema hari kemerdekaan. Kamu bisa memodifikasi lomba menghias ini dengan lomba menghias ruang tamu atau ruang lainnya di rumah dan penilaian dilakukan oleh juri melalui video ataupun foto hasil akhir hiasan. Lomba sejenis ini tak cuma mengasah kreativitas tapi juga bisa kekompakan serta kerja sama antar anggota keluarg, lho.

4. Lomba Membuat Kerajinan Tangan

Ide lomba 17an virtual selanjutnya ini merupakan lomba yang cocok untuk dilakukan oleh anak-anak. Kamu cukup tentukan kerajinan tangan seperti apa yang hendak dilombakan. Sebagai contoh, kamu bisa membuat kartu ucapan bertemakan hari kemerdekaan, kreasi daur ulang botol bekas bertemakan 17 Agustus, atau untuk yang lebih sederhana lomba melukis atau mewarnai. Mengadakan lomba 17an virtual untuk si kecil seperti ini tak cuma bantu melatih kreativitas anak tapi juga bisa menjadi media mengajarkan anak mengenai sejarah kemerdekaan serta menanamkan semangat kebangsaan sejak dini.

5. Lomba Foto

Satu lagi ide lomba 17an virtual yang bisa melatih kekompakan dan kreativitas keluarga, yakni lomba foto bertemakan hari kemerdekaan. Setiap peserta cukup berfoto dengan atribut serta kostum bertemakan hari kemerdekaan dan meng-upload-nya ke media sosial. Juri tinggal menentukan pemenang dari kreativitas foto para peserta.

6. TikTok Challenge

Di masa kini, hampir semua orang aktif di media sosial serta kerap menikmati konten-konten digital. Hal ini juga bisa jadi inspirasi lomba 17an secara virtual yang mudah. Kamu cukup tentukan 'challenge' TikTok yang tengah viral dan setiap peserta harus membuat video TikTok sesuai 'challenge' tersebut. Pemenangnya bisa ditentukan dengan melakukan voting.

Editor: Eko Fajri