Resmi Hadir, Fitur View Once WhatsApp Diluncurkan Pekan Ini

WA
WA (net)

KLIKPOSITIF - Whatsapp secara resmi telah mengumumkan kehadiran fitur baru bernama 'View Once' atau 'lihat sekali.

Fitur ini akan hadir untuk perangkat iOS dan Android. Fitur 'view once' memungkinkan Whatsapp untuk menghapus foto dan video secara otomatis dari ruang obrolan dan penyimpanan internal setelah pengguna melihat/memutar foto dan video tersebut.

Whatsapp belakangan ini memang sedang rajin menghadirkan fitur-fitur baru di platformnya. Whatsapp tak ingin kalah dengan aplikasi olah pesan lain seperti Telegram, Signal, Line, dll. Sebagai informasi, Telegram beberapa waktu lalu juga mengumumkan banyak fitur baru yang menunjang beragam aktivitas pengguna di platform mereka.

Whatsapp mengklaim bahwa fitur 'view once' bertujuan untuk menghemat penyimpanan internal pengguna. Banyaknya pengguna yang membagikan foto dan video melalui Whatsapp tentu saja memenuhi penyimpanan internal pengguna, karena foto tersebut tak disimpan di server Whatsapp. Pengguna juga harus memilah foto secara manual untuk membersihkan memori internal dari foto dan video Whatsapp tak terpakai.

baca juga: Pengguna iOS 15 Keluhkan Sejumlah Masalah Bug

Dengan fitur View Once Whatsapp, pengguna tak lagi harus takut kehabisan memori internal karena foto yang dibagikan dalam obrolan bisa otomatis terhapus setelah pengguna melihat foto tersebut. Whatsapp meluncurkan fitur View Once juga untuk menghargai privasi pengguna.

Foto yang dikirim dengan fitur View Once akan dilindungi oleh enkripsi end-to-end yang memungkinkan hanya pengirim dan pengguna yang bisa melihat isi foto atau video tersebut. Dalam pengumumannya, Whatsapp mengungkapkan bahwa fitur View Once akan diluncurkan mulai pekan ini.

baca juga: Pengguna iPhone 13 Laporkan Alami Bug Pada Fitur Unlock With Apple Watch

Editor: Ramadhani