Ashirase, Sistem Navigasi Buatan Honda untuk Bantu Penyandang Disabilitas

Ashirase
Ashirase (net)

KLIKPOSITIF - Sebuah startup bernama Ashirase, Inc sedang mengembangkan sistem navigasi di dalam sepatu untuk mendukung tunanetra ketika berjalan kaki. Sistem navigasi ini rencananya akan mulai dijual akhir Maret 2023.

Ashirase, Inc merupakan startup yang didirkan oleh Honda Motor Co., Ltd. Startup ini berasal dari Ignition untuk memberikan akses kemudahan bagi masyarakat berkebutuhan khusus. Ashirase sendiri merupakan sistem navigasi dari sebuah aplikasi smartphone dan perangkat getaran 3D, termasuk sensor gerak yang terpasang di dalam sepatu.

Sistem ini bekerja ketika sebuah rute diatur dengan aplikasi , perangkat akan bergetar untuk menyediakan navigasi. Saat penggunanya harus berjalan lurus, perangkat getaran yang berada di bagian depan kaki akan bergetar dan ketika penggunanya mendekati belokan kanan atau kiri, akan bergetar di sisi kanan atau kiri untuk memberikan instruksi.

baca juga: Pengguna iOS 15 Keluhkan Sejumlah Masalah Bug

Adapun navigasi ini memungkinkan penggunanya berjalan lebih aman, karena saat ini dengan penglihatan yang terbatas, para tunanetra sering menghadapi masalah seperti tersesat dan jatuh. "Atas kondisi itu motivasi saya mengambil tindakan untuk mewujudkan mobilitas yang lebih aman dan lebih bebas bagi penyandang tunanetra," jelas Chino.

Meski demikian dirinya menyadari akan menghadapi banyak kendala saat proses pengembangan hingga peluncuran perangkat navigasi Ashirase. "Namun, kami akan mengatasi hambatan itu satu per satu dan mengabdikan diri dengan sepenuh hati untuk mewujudkan kebebasan mobilitas bagi penyandang tunanetra," tutup Chino.

Fitur-fitur utama pada Ashirase seperti informasi panduan untuk pengguna tunanetra yang dibuat berdasarkan informasi posisi Global Navigation Satellite System (GNSS), yaitu sistem penentuan posisi, navigasi, dan waktu satelit berdasarkan gerakan kaki pengguna. Navigasi disediakan melalui getaran pada kaki, sehingga tidak mengganggu tangan pengguna yang memegang tongkat atau telinga yang digunakan untuk mendengarkan suara sekitar.

baca juga: Pengguna iPhone 13 Laporkan Alami Bug Pada Fitur Unlock With Apple Watch

Editor: Ramadhani