Soal Aplikasi Mata-Mata Pegasus, Bos WhatsApp Sebut Apple Tak Serius

Apple
Apple (net)

KLIKPOSITIF - CEO Whatsapp Will Cathcart menuduh Apple tak serius dalam menangani kasus spyware Pegasus.

Dia menuduh Apple bersikap pasif dalam menangani kasus spyware Pegasus. Dilansir dari The Guardian, Will Cathcart menuduh Apple berdiam diri dan terkesan menutup mata terkait adanya bahaya spyware Pegasus.

baca juga: Pengguna iOS 15 Keluhkan Sejumlah Masalah Bug

Will juga membandingkan sikap Apple yang sangat berbeda dengan Google dan Microsoft. Google dan Microsoft diklaim oleh Will berperan aktif memperingatkan pengguna tentang bahaya perusahaan spyware seperti NSO Group.

"Apple sangat berbeda dengan Google dan Microsoft. Apple berdiam diri terkait adanya bahaya spyware ini, sementara Google dan Microsoft memberikan pernyataan terkait bahaya dari perusahaan spyware seperti NSO Group," ucap Will dikutip dari The Guardian.

baca juga: Pengguna iPhone 13 Laporkan Alami Bug Pada Fitur Unlock With Apple Watch

Selain memberikan kritik keras, Will juga menuntut Apple untuk mengambil langkah pendekatan yang lebih intens kepada penggunanya.

Apple sendiri masih belum memberi tanggapan resmi tentang pernyataan CEO Whatsapp dan CEO Telegram terkait kasus spyware Pegasus yang menjangkit beberapa pengguna iOS.

baca juga: Terhitung Oktober, Fitur Aplikasi PeduliLindungi Bisa Diakses dari Aplikasi Lain

Apple juga belum terlihat melakukan pembenahan atau perbaikan sistem keamanan di iOS terkait dengan spyware Pegasus.

Sebagai informasi, Spyware Pegasus merupakan perangkat pengintai yang dikembangkan oleh perusahaan cyberarm Israel, NSO Group. Spyware Pegasus dapat menjangkit perangkat iOS dan Android. Tercatat, Spyware Pegasus telah meretas data pribadi aktivis HAM, jurnalis media besar, politisi, bahkan presiden Perancis, Emmanuel Marcon.

baca juga: MacBook Pro 14 dan 16 Inci Apple Akan Gunakan Layar Resolusi Tinggi

NSO Group sebagai pengembang spyware Pegasus mengklaim bahwa perusahaan sedang melakukan hal yang terbaik untuk menciptakan dunia yang lebih aman.

NSO Group mengungkapkan bahwa pengembangan spyware Pegasus ditujukan untuk menjaga keamanan dunia dari pelaku cyber crime.

Editor: Ramadhani