Aplikasi Clubhouse Diretas, Data Pengguna Bocor di Dunia Maya

Clubhouse
Clubhouse (net)

KLIKPOSITIF - Aplikasi Clubhouse yang sempat menjadi perhatian publik, diberitakan mengalami peretasan.

Peretasan ini mengakibatkan sejumlah data pengguna Clubhouse berhasil dicuri oleh sang peretas. Sang peretas sendiri dikabarkan menjual data-data tersebut di tempat ilegal dunia maya, yaitu Darknet.

Kabar soal peretasan ini pertama kali dikabarkan pakar keamanan dan peniliti di bidang siberMarc Ruef melalui twitter. Marc mengatakan bahwa banyak data pengguna Clubhouse telah bocor ke internet akibat adanya serangan siber atau peretasan.

Marc mengabarkan ada lebih dari satu miliar data pengguna Clubhouse yang diretas dan bocor ke internet. Jelasnya, Marc menuliskan di cuitan Twitternya kebocoran data pengguna Clubhouse mencapai angka 3,8 miliar data.

baca juga: Pengguna iOS 15 Keluhkan Sejumlah Masalah Bug

Data tersebut berupa nomor telepon pengguna yang digunakan untuk registrasi di Clubhouse. Selain nomor telepon pengguna, kebocoran data ini pun juga berpengaruh terhadap nomor telepon lain yang ada di kontak pengguna.

Bahkan meskipun nomor yang ada di kontak pengguna tersebut di terdaftar di Clubhouse, sang peretas mengklaim mereka tetap dapat menyinkronkannya. Dalam cuitan Twitter Marc Ruef, dapat dilihat screenshot situs yang menjual data-data pengguna Clubhouse ini.Di situs tersebut, tertulis jelas bahwa sang peretas menjual 3,8 miliar data pengguna dan sebagai sampel, si peretas ini akan memberikan 83,5 juta data pengguna Clubhouse yang berasal dari Jepang.Clubhouse menyatakan bahwa apa yang dituliskan Marc Ruef tidak benar. Clubhouse berkata bahwa tidak ada peretasan atau kebocoran satu pun data pengguna mereka.

baca juga: Pengguna iPhone 13 Laporkan Alami Bug Pada Fitur Unlock With Apple Watch

Clubhouse menambahkan, nomor telepon yang dijual di Darknet tersebut adalah bagian dari sebuah teknologi Bot yang mampu menghasilkan jutaan bahkan miliaran data nomor telepon.

Dari sebagian data nomor telepon yang dihasilkan oleh Bot tersebut, kebetulan sebagian besar adalah nomor telepon asli dari pengguna Clubhouse. Jadi bisa dibilang, hal tersebut sama sekali bukan karena Clubhouse yang berhasil diretas.

baca juga: Terhitung Oktober, Fitur Aplikasi PeduliLindungi Bisa Diakses dari Aplikasi Lain

Editor: Ramadhani