Chi 302, Motor China yang Mirip Motor Sport Kawasaki

Chi 302
Chi 302 (net)

KLIKPOSITIF - Sebuah perusahaan otomotif asal Tiongkok bernama Dayun meluncurkan motor sport-naked. Menariknya motor yang mereka namakan Chi 302 ini sangat mirip dengan motor Kawasaki, Z1000.

Chi 302 sudah resmi diluncurkan untuk pasar domestik Cina. Tampilan streetfighter memang sepintas mirip dengan Kawasaki. Kesan agresif tersebut terinspirasi dari styling Sugomi yang disematkan pada sepeda motor ikonik Kawasaki itu. Tampilannya sekilas juga terlihat mirip dengan Yamaha MT-03.Lampu depan bersudut ramping dipadu dengan tangki yang terlihat lebih besar berkapasitas 15 liter namun berotot, plus fairing yang nampak aneh untuk mesin parallel-twin 285 cc. Komponen air intake yang ada pun terlihat seperti hiasan belaka. Desain knalpot pun dibuat tunggal di bagian ujung, tidak ganda seperti pada Z1000.

baca juga: Suzuki Beri GSX-R1000R Sentuhan Baru, Ada Warna Glass Mate Mechanical Grey

Meski begitu bukan berarti Dayun Chi 302 tidak mendapat 'amunisi' yang mumpuni, mulai dari suspensi depan up-side down (USD) dengan preload di depan dan monoshock preload di belakang. Sepasang cakram dengan kaliper radian di depan dan cakram tunggal di belakang untuk pengereman yang optimal. Sayangnya Dayun tidak menyebutkan fitur ABS sebagai pelengkapnya.Selain itu ditawarkan juga tuas rem dan kopling yang dapat disesuaikan, sistem pencahayaan semua LED, dan kluster instrumen yang sepenuhnya digital. Dayun Chi 302 menawarkan mesin 2 silinder berpendingin cairan berkapasitas murni 285 cc menghasilkan tenaga 29 hp dengan torsi puncak 27 Nm di putaran 6.500 rpm. Konfigurasi di atas membuat tingkat keiritannya mencapai 27,7 km/liter.

Dengan konfigurasi tersebut tidak lah terlalu mengejutkan, mengingatkan KTM 250 Duke dengan mesin yang lebih kecil menghasilkan komposisi yang tidak mengecewakan (29 hp dan 24 Nm). Untuk saat ini Dayun Chi 302 hanya tersedia di pasar Cina.

baca juga: Cadangan Batubara di Indonesia Diperkirakan Sampai 65 Tahun Kedepan, Pemerintah Dorong Pemanfaatan Teknologi Bersih

Editor: Ramadhani