Instagram Siapkan Fitur Baru Bernama Suggested Post

Instagram
Instagram (net)

KLIKPOSITIF - Instagram diberitakan sedang melakukan uji coba untuk menambahkan 'suggested post' atau postingan yang disarankan di feed utama pengguna.

Perubahan ini akan hadir di Instagram iOS dalam waktu dekat. Penambahan 'suggested post' pada feed utama pengguna menjadi kontroversi karena postingan tersebut akan muncul dan bercampur dengan postingan dari akun yang diikuti oleh pengguna.

baca juga: Ini Cara Menghilangkan Iklan Muncul Tiba-tiba di HP Samsung

Hal ini tentu saja membuat feed utama pengguna menjadi lebih ruwet dan cukup mempersulit pengguna untuk melihat postingan terbaru dari akun yang diikuti oleh pengguna.Juru bicara Facebook mengungkapkan bahwa ekspansi 'suggested post' merupakan sebuah algoritma 'tambahan' yang akan merekomendasikan postingan dari akun yang diikuti pengguna.

Algoritma 'suggested post' baru akan menampilkan postingan di feed utama pengguna berdasarkan hal-hal yang disukai oleh pengguna. Hal ini bertujuan untuk 'menarik' pengguna agar lebih lama membuka aplikasi Instagram.

baca juga: Ashirase, Sistem Navigasi Buatan Honda untuk Bantu Penyandang Disabilitas

Sebagai contoh, ketika kita suka dengan hal-hal yang berhubungan dengan kucing lucu, maka algoritma 'suggested post' akan menampilkan postingan tentang kucing lucu di feed utama. Pengguna nantinya tidak diperbolehkan untuk menonaktifkan 'suggested post' di akun mereka secara permanen.

Pengguna hanya diperbolehkan untuk berpindah minat ke jenis postingan lain yang lebih ia sukai. Saat ini, uji coba ekspansi 'suggested post' diberlakukan di beberapa akun Instagram yang menggunakan bahasa Inggris. Instagram juga memberikan opsi untuk menonaktifkan sementara 'suggested post' kepada pengguna yang sedang diuji coba. Pengguna dapat menonaktifkan 'suggested post' dalam tempo waktu maksimal 30 hari.

baca juga: Spotify Punya Fitur Baru Your Dialy Drive, Apa Fungsinya?

Editor: Ramadhani