Yuk Tingkatkan Keterampilanmu di Ayobelajar.id

Ayo Belajar.id merupakan salah satu platform pembelajaran digital yang hadir di masa pandemi. Platform ini hadir dengan konsep pendekatan sosial dengan gerakan sosial pada teknologi pendidikan
Ayo Belajar.id merupakan salah satu platform pembelajaran digital yang hadir di masa pandemi. Platform ini hadir dengan konsep pendekatan sosial dengan gerakan sosial pada teknologi pendidikan (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Ayo Belajar.id merupakan salah satu platform pembelajaran digital yang hadir di masa pandemi. Platform ini hadir dengan konsep pendekatan sosial dengan gerakan sosial pada teknologi pendidikan. Founder Ayobelajar.id, Ade Surya Iskandar mengatakan, value atau nilai yang diangkat dalam platform yang diinisiasinya ini adalah kebebasan pengetahuan.

"Selama pandemi, sistem pembelajaran di Indonesia dialihkan kedalam bentuk online. Namun dengan adanya kebijakan itu tak semua pihak bisa menikmati pendidikan online dengan baik. Masih ada beberapa pihak yang merasakan distruksi pendidikan karena masalah jaringan atau teknologi. Melihat kondisi itu, maka AyoBelajar.id hadir menutupi kekurangan ini," katanya saat dihubungi di Padang, Selasa, 22 Juni 2021.

baca juga: Ashirase, Sistem Navigasi Buatan Honda untuk Bantu Penyandang Disabilitas

Ia mengatakan, kebijakan pendidikan online yang ditetapkan oleh pemerintah, sebagian besar hanya bisa dinikmati oleh yang memiliki previlage dan biaya yang cukup untuk mengaksesnya. "Sedangkan bagi yang tak punya biaya akan terjadi kesenjangan dalam menikmati pendidikan hari ini. Makanya kita menghadirkan AyoBelajar.id untuk pendidikan inklusif, sehingga semua pihak memiliki peluang untuk itu," jelasnya.

Konten AyoBelajar.id

baca juga: Spotify Punya Fitur Baru Your Dialy Drive, Apa Fungsinya?

AyoBelajar.id sendiri telah hadir sejak Desember 2020, namun baru dirilis final pada April 2021. "Walaupun berjalan kurang lebih dua bulan, namun platform ini mendapat tempat bagi masyarakat Sumatera Barat. "Alhamdulillah kita bisa menghadirkan solusi dari masalah pendidikan soal beruntung dan tidak beruntung yang dibutuhkan masyarakat," jelasnya.

Ade menjelaskan, konten yang dihadirkan pada AyoBelajar. Id yakni vokasi dan hard skill. Peserta didik yang bergabung dalam platform ini yakni siswa tamatan SMA/SMK hingga tamatan perguruan tinggi dalam menambah hard skill mereka. "Kita menghadirkan konten di industri-industri start up dan bisnis-bisnis model canvas. Selain itu, dalam hard skill khususnya bidang start up, peserta bisa mengasah ilmunya lebih dalam. Selain itu, AyoBelajar.id juga menghadirkan program belajar editing photoshop, digital marketing, dll," jelasnya.

baca juga: Fitur Baru, Twitter Akan Rilis Notifikasi Khusus Akun Ditangguhkan

Untuk bergabung di AyoBelajar. id, Ade menyebut siapa saja bisa bergabung dan mendaftar di platform ini secara online. "Namun di beberapa daerah ada yang baru bisa mendaftar secara offline karena masalah jaringan. Namun kita telah menyiapkan platform online to offline nagari (terminal data), sehingga akses bisa dilakukan oleh semua pihak," jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga membangun brand awarenes dengan komunitas-komunitas pendidikan, seperti pesantren, sekolah-sekolah dan Diaspora. "Hal ini sebagai bentuk kolaborasi dengan pihak-pihak terkait dalam memajukan pendidikan. Selain itu, kita juga mengadakan beberapa kegiatan seperti Ayo camp dengan beberapa sekolah, kemudian bekerjasama dengan pemerintah daerah, dll. Dalam waktu dekat kita akan melaksanakan kegiatan itu di beberapa daerah di Sumbar," jelasnya.

baca juga: Soal Aplikasi Mata-Mata Pegasus, Bos WhatsApp Sebut Apple Tak Serius

Ade berharap value dan nilai dari platform ini sampai, sehingga bisa membangun ekonomi Sumbar di masa mendatang. "Makanya untuk saat ini, pihak kami fokus mengembangkan hal itu di Sumbar untuk semua project-project yang ada sehingga, jika sudah diadopsi secara tinggi maka ia akan mebuat kesetaraan pendidikan sebagai penyedia konten," harapnya.

Jadi tunggu apa lagi Positifers, yuk tingkatkan kemampuan ketarampilan dengan bergabung di AyoBelajar.id.

Editor: Fitria Marlina