Tiga Juta Data Pelanggan Volkswagen dan Audi Dicuri Peretas

Volkswagen
Volkswagen (net)

KLIKPOSITIF - Kelompok peretas berhasil mencuri data milik lebih dari 3 juta pelanggan Volkswagen dan Audi. Dilansir dari Autoevolution, para peretas berhasil mencuri informasi sensitif dari pelanggan seperti nomor telepon, alamat email, SIM, dan nomor asuransi.

Berdasarkan informasi yang diterima, pelanggaran tersebut berasal dari vendor luar yang menjadi mitra Volkswagen, Audi, dan beberapa dealer mereka. Data-data itu diduga berasal dari tahun 2014 sampai 2019 dan berkaitan dengan program pemasaran.

baca juga: Catat, Ini Dokumen yang Wajib Dibawa Debt Collector Saat Lakukan Penagihan ke Debitur

Sementara menurut Reuters, hampir semua korban dalam peretasan dan pencurian data itu adalah pelanggan dan calon pelanggan Audi saat ini. VW mengatakan bahwa sebagian besar korban kebocoran data itu hanya menyerahkan informasi berupa nomor telepon dan alamat email.

Meski demikian ada juga data sensitif terkait keuangan, terutama yang berkaitan dengan kemampuan ekonomi calon pembeli mobil. Data sensitif lain adalah tentang nomor Surat Izin Mengemudi (SIM), tempat tanggal lahir, nomor kartu identitas, serta nomor akun pada layanan online VW. VW, berdasarkan hasil penyelidikan internal, yakin bahwa data-data itu dirampas sekitar Agustus 2019 sampai Mei 2021 kemarin.

baca juga: Pelaku Pembakaran Ranmor Warga Sumpur Divonis 11 Bulan Penjara

Editor: Ramadhani