Apple Buat Face ID dan Touch ID untuk Autentifikasi Aplikasi

Apple
Apple (net)

KLIKPOSITIF - Apple bakal membuat Face ID dan Touch ID bisa digunakan untuk kode akses aplikasi yang akan dipasang pada perangkat Apple.Apple Engineer, Garett Davids mengatakan Apple tengah mengembangkan fitur autentikasi aplikasi dengan kode akses.

Ia mengatakan saat ini Apple sudah berada dalam tahap uji coba kode akses untuk fitur tersebut. Nantinya kode akses akan otomatis tersinkronisasi ke iCloud Keychain di semua perangkat Apple yang dimiliki.

baca juga: Ini Cara Menghilangkan Iklan Muncul Tiba-tiba di HP Samsung

Kode akses juga dienkripsi secara end-to-end demi menjaga keamanan data pengguna. Jadi ketika pengguna ingin masuk ke dalam akun di perangkat Apple, mereka tak pelu lagi memasukkan password.

Cukup memaskkan username dan lakukan pemindaian Face ID atau Touch ID untuk mengonfirmasi pemilik akun. Hal tersebut dapat dilakukan karena perangkat Apple sudah otomatis menangani pembuatan dan penyimpanan password untuk log in.

baca juga: Ashirase, Sistem Navigasi Buatan Honda untuk Bantu Penyandang Disabilitas

Menurut Garret, fitur autentikasi yang tengah dikembangkan Apple ini memiliki beberapa keunggulan. Pertama, sudah pasti dari segi kemudahan karena pengguna tak perlu lagi repot-repot mengetik dan menghafal password. Kemudian dari segi keamanan, ia juga mengklaim bahwa autentikasi dengan kode akses Face ID maupun Touch ID jauh lebih baik ketimbang yang sudah ada sekarang ini.

Selain Apple, raksasa teknologi lainnya macam Google dan Microsoft juga dikabarkan sedang mengupayakan hal serupa. Belum diketahui kapan fitur autentikasi kode akses Face ID dan Touch ID Apple akan resmi dirilis. Kendati demikian, Garret telah memberi sedikit bocoran dengan mengatakan bahwa fitur tersebut bakal hadir tahun ini. Kemudian, ia juga mengungkapkan fitur kode akses Face ID dan Touch ID bisa dinikmati oleh pengguna iPhone, iPad, dan Mac

baca juga: Spotify Punya Fitur Baru Your Dialy Drive, Apa Fungsinya?

Editor: Ramadhani