Melihat One, Skuter Listrik Milik Piaggio

Piaggio One
Piaggio One (net)

KLIKPOSITIF - Piaggio telah memperkenalkan skuter listrik terbarunya bernama One. Motor ini dirilis pada perhelatan Beijing Motor Show 2021.

Dilansir oleh Moto.it, hadir perdana di dunia, Piaggio One hadir dalam tiga varian yaitu tipe Standar, One+ dan One Active. Perbedaannya terletak pada kapasitas motor listriknya.

Seluruh baterai dapat dilepas untuk diisi ulang, atau bisa langsung pada motor didukung model pengisian cepat. Adapun posisi dinamo dipasangkan pada hub belakang Untuk tipe Standard dibekali baterai 1,4 kWh 48V dan motor listrik 1,2 kW, menghasilkan torsi 85 Nm.

Kecepatan puncak dibatasi sampai 45 km/jam dengan jarak jelajah hingga 55 km. Sementara One+ berbekal baterai lebih besar dengan spesifikasi 2,3 kWh. Motor listriknya tetap sama dan dapat melesat hingga kecepatan 45 kpj namun dengan daya jelajah lebih jauh yakni hingga 100 km.

Adapun One Active memiliki baterai 2,3 kWh tetapi mesinnya memiliki daya maksimum 2 kW. Torsi mencapai 95 Nm dan kecepatan naik hingga 60 km/jam yang dapat dipacu hingga 85 km. Seluruh varian memiliki waktu pengisian baterai sekitar 6 jam dalam keadaan kosong. Uniknya, berdasarkan foto hasil jepretan Moto.it terlihat mirip dengan Honda Mobile Power Pack.

Moto.it melaporkan, setidaknya ada enam juta moped dan skuter listrik yang terjual di China sepanjang 2020. Pertumbuhan positif ini didukung infrastruktur pengisian daya yang banyak tersebar di sana. Untuk pasar Cina, Piaggio One dibanderol mulai dari 17.800 Yuan, atau sekitar US$2.782 (Rp39 jutaan).

Skuter ini dijadwalkan bakal melenggang sebagai model global, namun Piaggio belum mengonfirmasi negara mana lagi menjadi pasar bidikannya untuk One.

One dirancang untuk mencetak penjualan dengan senjata harga lebih terjangkau. Dipilihnya pameran ini untuk membuka selubung skuter listrik kedua setelah Vespa Elettrica bukan tanpa alasan bagi Piaggio Group, mengingat Cina menjadi salah satu pasar motor listrik terbesar di dunia.

Baca Juga

Editor: Ramadhani