WhatsApp Rilis Fitur Baru Bernama Playback Speed

WhatsApp
WhatsApp (net)

KLIKPOSITIF - WhatsApp telah meluncurkan fitur baru bernama playback speed.

Mulai dirilis pada 3 Juni fitur baru ini sudah bisa digunakan oleh semua pengguna WhatsApp di platform mobile, yaitu iOS dan Android.

baca juga: Tesla Tidak Akan Memproduksi Model Baru pada Tahun Ini

Sedangkan untuk pengguna WhatsApp desktop, fitur playback speed ini sudah tersedia sejak minggu lalu. WhatsApp sendiri memang sudah dari lama dirumorkan akan merilis fitur playback speed.

Bahkan sekitar akhir bulan Maret yang lalu, WhatsApp dikabarkan telah melakukan ujicoba fitur ini kepeda sejumlah penggunanya. Kini, setelah sekian lama, akhirnya fitur ini resmi meluncur dan dapat dinikmati oleh khalayak umum.

baca juga: Apple Luncurkan Update iOS 15 untuk Tingkatkan Keamanan Perangkat

Fitur baru playback speed ini berfungsi untuk mempercepat atau memperlambat kecepatan audio. Jelasnya, pengguna WhatsApp bisa menambah atau mengurangi kecepatan audio pesan suara.

Saat menerima pesan suara panjang, pengguna dapat menggunakan fitur baru playback speed untuk mempercepat audio sehingga pesan tersebut menjadi lebih singkat dan tidak bertele-tele.

baca juga: TikTok Kembangkan Fitur Avatar, Buat Pengguna Makin Bisa Berekspresi

Sedangkan saat pengguna memerlukan detil pesan suara, mereka dapat memperlambat audio sehingga segala macam penjelasan dapat ditangkap oleh telinga dengan lebih baik.

Sementara itu, lewat akun Twitter resminya, WhatsApp diketahui telah memposting sebuah video singkat terkait penjelasan dan cara kerja fitur playback speed ini.

baca juga: Pasokan Sejumlah Produk Baru Apple Tersendat, Pemicu Kelangkaan Chipset

WhatsApp menerangkan, hampir semua perangkat iOS, Android, dan desktop dapat menggunakan fitur baru ini.

Tapi dengan catatan, perangkat yang bersangkutan mendukung update terbaru WhatsApp. Hal ini lantaran fitur ini hanya tersedia untuk update terbaru WhatsApp yang dirilis akhir Mei lalu.

Terdapat beberapa opsi untuk mempercepat atau memperlambat, dimulai dari 1x hingga 2x. Terkait dengan kegunaanya, fitur ini dapat sangat membantu ketika pengguna WhatsApp menerima pesan suara panjang atau saat pengguna memerlukan detil dari pesan suara.

Editor: Ramadhani