YouTube Siapkan Rp 1,4 Triliun untuk Pengguna Short, Upaya Lawan Dominasi TikTok

Short
Short (net)

KLIKPOSITIF - Youtube menyiapkan dana sebesar 100 juta dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 1,4 triliun untuk para pengguna Shorts. Short sendiri merupakan aplikasi yang diciptakan untuk bersaing dengan TikTok.

"Dana ini adalah langkah pertama kami membangun model monetisasi jangka panjang untuk Shorts di Youtube ," tulis Youtube di blog resminya.

baca juga: Apple Buat Face ID dan Touch ID untuk Autentifikasi Aplikasi

Dana besar tersebut merupakan bagian dari upaya Youtube untuk membangun basis pengguna, lebih khusus lagi kreator konten di Shorts. Aplikasi baru ini diharapkan bisa bersaing dengan TikTok, Snap, dan Reels dari Instagram/Facebook. Youtube berharap dengan iming-iming duit itu para kreator konten di dunia akan lebih tertarik dan betah untuk berkreasi dalam platform Shorts.

Rencananya duit Rp 1,4 triliun itu akan mulai digelontorkan untuk para kreator di Shorts mulai bulan depan. Insentif ini akan terus dibagikan hingga 2022 mendatang. Syarat untuk memperoleh bagian dari duit tersebut adalah menciptakan konten Shorts yang unik dan digemari oleh komunitas pengguna Youtube .

baca juga: Ditanya Deddy Corbuzier Kemungkinan Maju di Pilpres 2024, Prabowo: Lu Ngomong Presiden Melulu

Namun Youtube tak merinci parameter jelas agar sebuah konten di Shorts berhak menerima insentif. Sebelumnya Google, perusahaan induk Youtube , mengumumkan bahwa Shorts sudah berhasil meraup lebih dari 6,5 miliar pemutaran setiap hari secara global. Adapun Shorts diluncurkan secara resmi di AS pada awal Mei, meski versi Beta-nya sudah ada sejak September 2020 kemarin.

Editor: Ramadhani