Hanya 12 Persen Pengguna iOS yang Izinkan Pelacakan Aplikasi di Perangkatnya

iOS iPhone
iOS iPhone (net)

KLIKPOSITIF - Data terbaru dari Flurry Analytics mengungkapkan jika pelacakan aplikasi di perangkat iOS mengalami penurunan yang signifikan. Flurry Analytics menyebutkan bahwa hanya 12% pengguna iOS 14.5 secara global yang mengijinkan pelacakan aplikasi di perangkat iPhone miliknya.

Itu artinya sekitar 88% pengguna perangkat iOS 14.5 secara global enggan untuk mengaktifkan fitur pelacakan iklan. Rendahnya pelacakan aplikasi di iOS 14.5 berdampak besar pada cara kerja iklan dalam aplikasi tersebut.

baca juga: Apple Buat Face ID dan Touch ID untuk Autentifikasi Aplikasi

Perusahaan dengan model bisnis berbasis iklan untuk menopang layanannya mejadi sangat terpengaruh. Sebagai contoh, pengembang besar seperti Facebook, Spotify, dan Google kehilangan mayoritas penggunanya yang mengaktifkan pelacakan aplikasi di iOS 14.5.

Di sisi lain, pengguna aplikasi di iOS 14.5 semakin merasa aman karena mereka dapat menjaga kerahasiaan data pribadi dari pihak ketiga. Flurry Analytics sendiri merupakan platform analisis aplikasi mobile yang berfokus pada riset pertumbuhan dan pengembangan aplikasi.

baca juga: Microsoft Segera Rilis xCloud Gaming untuk Perangkat Apple

Flurry Analytics yang merupakan anak perusahaan Verizon Wireless, digunakan oleh lebih dari 1 juta aplikasi mobile di dunia. Flurry Analtics secara rutin memberikan insight dari 2 miliar perangkat seluler per bulan terkait kebiasaan pengguna dalam menggunakan aplikasi.

App Tracking Transparency, pada dasarnya seperti pop-up ijin yang harus ditampilkan setiap aplikasi kepada pengguna iOS 14.5. Pop-up tersebut nantinya berisi keterangan bagaimana aplikasi menggunakan data pengguna untuk melacak aktivitas pengguna. Biasanya, pengembang aplikasi menggunakan data pengguna untuk kepentingan pengiklanan dalam aplikasi.

Melalui fitur App Tracking Transparency, pengguna iOS 14.5 dapat menolak ketika pengembang aplikasi meminta pelacakan data mereka. Rendahnya persentase pengguna iOS 14.5 yang tak mengijinkan pelacakan aplikasi menandakan bahwa masyarakat kini telah memiliki kesadaran terhadap pentingnya data pribadi.

baca juga: Gadget Anda Mulai Lelet, Ini Cara Mengatasinya

Sama seperti yang diungkapkan oleh Tim Cook, pengguna harus menjadi pihak penentu atas nasib data pribadinya, bukan malah menjadi 'produk' yang dijual oleh aplikasi kepada pihak ketiga.

Editor: Ramadhani