Google Tambahkan Fitur Label Privasi di Play Store

Google
Google (net)

KLIKPOSITIF - Google menjamin keamanan pengguna dengan menghadirkan label privasi di Play Store. Dalam fitur label privasi di Play Store, Google akan meminta seluruh pengembang untuk memberikan transparansi tentang bagaimana aplikasi mereka menggunakan data pengguna.

Dalam blog Android Developers, Google mengumumkan bahwa label privasi baru di Play Store nantinya akan membantu pengguna untuk memahami data yang dikumpulkan aplikasi . Fitur label privasi di Play Store ini mirip dengan label privasi Apple di iOS 14 yang rilis pada akhir tahun 2020 lalu.

baca juga: Apple Buat Face ID dan Touch ID untuk Autentifikasi Aplikasi

Label privasi iOS 14 mewajibkan semua developer menyertakan informasi akses apa saja yang dilakukan aplikasi terhadap perangkat. Mulai dari akses lokasi, data pribadi, browsing history, catatan kesehatan, catatan keuangan, informasi sensitif, dan lain sebagainya.

Tim pengembang Google mengungkapkan bahwa mereka membutuhkan beberapa waktu tambahan untuk menerapkan fitur label privasi di Play Store. Pada sekitar bulan Juni-September 2021, tim pengembang Google akan membagikan sumber daya dan persyaratan kebijakan baru kepada pengembang.

baca juga: Microsoft Segera Rilis xCloud Gaming untuk Perangkat Apple

Selain itu, Google juga akan mengirimkan panduan mendetail tentang kebijakan privasi aplikasi di Play Store. Rencananya, Google akan menerapkan fitur ini secara penuh mulai kuartal 2 tahun 2022. Seluruh aplikasi baru dan update aplikasi di Play Store harus menyertakan label privasi dengan ketentuan diatas.

Editor: Ramadhani