Sempat Populer, Jumlah Unduhan Clubhouse Mulai Turun

Clubhouse
Clubhouse (net)

KLIKPOSITIF - Aplikasi Clubhouse mencuri perhatian dengan kemunculannya beberapa waktu lalu. Aplikasi sosial media berbasis audio itu mencapai popularitas paling tinggi pada Februari lalu.

Kini jumlah pengundun Clubhouse dalam sebulan terakhir telah turun drastis. Dilansir dari Business Insider via data analitik Sensor Tower, Clubhouse hanya diunduh oleh 900 ribu pengguna baru di April 2021. Angka ini mengalami penurunan sekitar 66% dari jumlah pengunduh di bulan Maret yaitu 2.7 juta pengguna.

Sedangkan di bulan Februari saat masa puncaknya, Clubhouse telah diunduh oleh 9,6 juta pengguna dan hingga sekarang masih tetap menggunakan metode yang sama, berbasis undangan dari pengguna lain untuk dapat membuat akun di Clubhouse.

baca juga: Apple Buat Face ID dan Touch ID untuk Autentifikasi Aplikasi

Meskipun jumlah pengguna baru Clubhouse menurun di April 2021, namun Sensor Tower mengatakan bahwa nilai retensi tetap kuat. Itu artinya dari jumlah pengunduh tersebut, tetap banyak yang menggunakan Clubhouse alias tidak menghapusnya.

Laman sumber berita tidak menjelaskan kenapa Clubhouse mulai sepi peminat dari pengguna baru. Padahal jika mundur ke April, Clubhouse malah mengenalkan fitur berbayar yang disebut dapat mendukung kreator untuk mendapatkan uang/ Namun kemungkinan besar hal ini dipengaruhi para kompetitor yang juga mempersiapkan fitur sejenis Clubhouse.

baca juga: Microsoft Segera Rilis xCloud Gaming untuk Perangkat Apple

Salah satunya adalah Twitter Spaces yang sudah diuji coba sejak tahun lalu dan kini dibuka untuk lebih banyak pengguna. Mundur ke Februari, Clubhouse menjadi sangat populer karena banyak selebritis dunia yang mempromosikan atau aktif berbagi cerita di layanan ini. Beberapa diantaranya adalah Elon Musk hingga CEO Facebook Mark Zuckerberg yang membuat Clubhouse dibanjiri para pengguna baru di awal tahun.

Editor: Ramadhani