Punya Inovasi, Facebook Ajak Pengguna iOS Aktifkan Pelacakan Aplikasi

Facebook
Facebook (net)

KLIKPOSITIF - Facebook mengajak seluruh pengguna iOS 14.5 untuk mengijinkan mereka melakukan pelacakan data. Ajakan Facebook ini dikemas dalam bentuk pesan pop-up di Facebook dan Instagram yang intinya mengajak pengguna iOS 14.5 untuk mengaktifkan pelacakan oleh aplikasi .

Dalam pesan pop-up, Facebook menerangkan bahwa iOS 14.5 mengharuskan pengembang untuk meminta izin melacak beberapa data dari perangkat pengguna untuk meningkatkan kualitas iklan.

Pop-Up ini juga merinci 3 cara pengguna mendapatkan keuntungan dari pengumpulan dan pelacakan data yang dilakukan oleh Facebook sebagai berikut:

baca juga: Hanya 12 Persen Pengguna iOS yang Izinkan Pelacakan Aplikasi di Perangkatnya

Facebook akan menunjukan iklan yang lebih relevan dengan pengguna

Membantu Instagram dan Facebook untuk tetap memberikan layanan gratis

baca juga: Google Tambahkan Fitur Label Privasi di Play Store

Memberikan dukungan kepada bisnis yang mengandalkan iklan digital untuk menjangkau pelanggannya

Facebook sendiri menyebut pesan pop-up ini sebagai 'Educational Screens' atau layar pendidikan. Pop Up ini akan muncul kepada pengguna tepat sebelum permintaan App Tracking Transparency iOS 14.5 muncul.

App Tracking Transparency merupakan fitur di iOS 14.5 yang mengharuskan pengembang aplikasi untuk meminta izin pengguna sebelum melakukan pelacakan aktivitas mereka di aplikasi ataupun situs lain. Facebook sebenarnya telah menjadi lawan yang vokal bagi kebijakan App Tracking Transparency yang diterapkan Apple di seluruh aplikasi iOS.

baca juga: Clubhouse Kini Tersedia untuk Pengguna Android

Sekarang Facebook harus mematuhi kebijakan tersebut demi keberlangsungan aplikasi Facebook dan Instagram di iOS.

Editor: Ramadhani