Apple Akan Pasang Pendeteksi Kadar Gula Darah di Apple Watch

Apple Watch
Apple Watch (net)

KLIKPSITIF - Apple diberitakan sedang mengembangkan teknologi yang mampu mendeteksi kadar gula darah pengguna jam tangan pintar Apple Watch.

Nantinya, jika kadar gula darah pengguna melebihi batas normal, maka Apple Watch akan memberikan sebuah notifikasi. Notifikasi inilah yang berperan penting dalam memperingatkan pengguna, agar tetap menjaga peredaran kadar gula di dalam tubuhnya dan lebih memperhatikan kesehatannya.

baca juga: Hanya 12 Persen Pengguna iOS yang Izinkan Pelacakan Aplikasi di Perangkatnya

Kabar ini pertama kali muncul setelah Apple resmi menjalin kerjasama dengan perusahaan start-up asal Inggris yang bergerak di bidang pembuatan dan penyuplaian alat-alat kesehatan serta medis, Rockley Photonics. Rencananya, Apple akan meminta Rockley Photonics untuk menyediakan dan memproduksi sebuah chip khusus bagi Apple Watch generasi terbaru.

Chip khusus ini nanti bakal memiliki berbagai macam modul dan sensor yang berguna untuk mendeteksi kadar gula pengguna Apple Watch. Sementara itu, menurut kabar yang beredar, perangkat Apple Watch masa depan ini tidak hanya akan dapat mendeteksi kadar gula darah pengguna saja, tetapi juga potensi-potensi penyakit lain.

Selain mendeteksi kadar gula darah pengguna, kabarnya perangkat Apple Watch masa depan ini juga akan memiliki kemapuan untuk mendetksi dua potensi penyakit lain. Dua potensi penyakit lain yang dimaksud adalah kadar alkohol yang telalu berlebihan di tubuh dan tekanan darah tinggi.

baca juga: Kasus Kematian Setelah Disuntik Vaksin AstraZeneca, DPR: Lakukan Investigasi dan Jelaskan ke Publik

Kadar alkohol berlebih dan tekanan darah yang tinggi juga tidak kalah berbahayanya dengan kadar gula darah tinggi. Maka dari itu, dua potensi penyakit selain kadar gula darah tersebut akan sekalian dimasukkan kedalam modul dan sensor chip terbaru dari Apple Watch.

Masih belum ada keterangan resmi dari Apple terkait tanggal rilis smartwatch ini. Namun dari rumor yang beredar, Apple dan Rockley Photonics bakal segera memulai produksi Apple Watch ini dalam waktu dekat, sehingga diprediksi akan bisa memulai debutnya di tahun depan.

baca juga: Respon Wafatnya Tengku Zulkarnain, Ini Pesan Ahok

Editor: Ramadhani