Instagram Rilis Fitur Baru, Fungsinya Mirip dengan Fitur Clubhouse

Instagram
Instagram (net)

KLIKPOSITIF - Instagram telah menambahkan opsi baru pada fitur Live Rooms. Opsi baru ini mencakup pilihan bagi pengguna Instagram untuk mematikan video pada fitur Live Rooms saat berlangsungnya live streaming.

Opsi baru ini memberikan kesempatan untuk pengguna Instagram untuk tidak menampakkan wajahnya ketika sedang melakukan live streaming, serta hanya mengandalkan suara atau audio saja, tanpa adanya visual apapun. Live streaming berbasis audio sendiri memang diketahui sedang menjadi tren dan digandrungi oleh banyak orang lantaran munculnya aplikasi eksklusif iOS, Clubhouse, sebagai pionir yang mempopulerkan konsep ini.

baca juga: Hanya 12 Persen Pengguna iOS yang Izinkan Pelacakan Aplikasi di Perangkatnya

Instagram sebagai salah satu media sosial terpopuler di dunia, tentunya tidak ingin kalah saing dengan Clubhouse. Anak perusahaan Facebook ini berinovasi dengan meluncurkan opsi baru pada fitur Live Rooms yang memungkinkan pengguna Instagram untuk mematikan video ketika melakukan live streaming.

Disamping opsi untuk mematikan video, ternyata fitur Live Rooms pada Instagram Live juga baru saja kedatangan sebuah opsi baru lainnya.

Opsi baru kedua yang telah ditambahkan pada fitur Live Rooms adalah pilihan untuk mematikan audio (mute). Namun, opsi ini hanya berlaku dan menjadi hak khusus bagi akun Instagram yang menjadi tuan rumah live streaming. Jadi nantinya, akun penyelenggara utama Instagram live dapat mematikan audio dari peserta lain.

baca juga: Google Tambahkan Fitur Label Privasi di Play Store

Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya gangguan suara (noise) yang ditimbulkan oleh peserta Live Rooms lain saat melakukan kegiatan live streaming. Sementara itu, dua opsi baru yang ada pada fitur Live Rooms Instagram ini telah dirilis sejak 29 April 2021 yang lalu.

Selain itu, kedua opsi tersebut juga telah tersedia bagi pengguna platform mobile, yaitu Instagram for iOS dan Android

baca juga: Clubhouse Kini Tersedia untuk Pengguna Android

Editor: Ramadhani