Tak Terima Aturan Baru dari WhatsApp, Ini yang Akan Terjadi Pada Akun Pengguna

WhatsApp
WhatsApp (net)

KLIKPOSITIF - WhatsApp telah mengumumkan apa yang akan terjadi pada akun pengguna yang tidak akan menerima aturan baru hingga 15 Mei mendatang.

"Agar kamu memiliki cukup waktu untuk membiasakan diri dengan perubahan sesuai kecepatan kamu sendiri, kami telah memperpanjang batas waktu penerapannya hingga 15 Mei," bunyi pernyataan WhatsApp dilansir laman Gizchina, Senin (19/4/2021).

baca juga: Hanya 12 Persen Pengguna iOS yang Izinkan Pelacakan Aplikasi di Perangkatnya

Perusahaan menambahkan, untuk belum menerimanya sampai saat ini, WhatsApp tidak akan menghapus akun. Namun, fungsionalitas akun WhatsApp akan dibatasi hingga perubahan diterima. "Untuk waktu yang singkat, kamu akan dapat menerima panggilan dan pemberitahuan; tetapi tidak akan dapat membaca dan mengirim pesan dalam aplikasi , " tulisnya lagi.

Pengguna layanan harus setuju dengan aturan baru untuk menggunakan atau mengekspor riwayat obrolan dan laporan akun mereka di Android dan iOS selambat-lambatnya 15 Mei mendatang.

Jika pengguna memilih opsi kedua, pengguna dapat menghapus akun WhatsApp mereka, tetapi para pengembang memperingatkan bahwa ini adalah proses yang tidak dapat diubah dan setelah penghapusan, salinan cadangan dan semua riwayat pesan akan dihapus secara permanen.

baca juga: Google Tambahkan Fitur Label Privasi di Play Store

Ingatlah bahwa aturan baru WhatsApp menyarankan kemungkinan bahwa layanan tersebut akan bertukar data pengguna dengan Facebook, yang merupakan pemilik messenger. Awalnya, pengenalan aturan baru telah direncanakan untuk awal tahun tetapi berita tentang ini menyebabkan kemarahan di antara pengguna di seluruh dunia dan menyebabkan orang berpindah menggunakan messenger lain.

Editor: Ramadhani