Dibanding Spotify, Apple Bayar Lebih Besar Royalti di Apple Music

Apple
Apple (net)

KLIKPOSITIF - Apple membagikan laporan khusus untuk Apple Music for Artists yang menyebutkan jika perusahaan itu telah membayar royalti sebesar satu persen per lagu yang diputar. Biaya royalti yang dibayakarkan Apple Music kepada musisi diklaim dua kali lipat lebih besar ketimbang Spotify.

Dilansir dari TheWall Street Journal disebutkan bahwa Spotify hanya membayar royalti sepertiga sen sampai satu setengah sen per lagu yang diputar. Pembayaran royalti Apple Music berasal dari pendapatan berbasis langganan.

baca juga: Hanya 12 Persen Pengguna iOS yang Izinkan Pelacakan Aplikasi di Perangkatnya

Apple Music mengatakan bahwa mereka membayar 52 persen dari pendapatan berlangganan atau 52 sen dari tiap dolar. Apple meyakini penting untuk berbagi nilai-nilai royalti streaming. Pihaknya percaya bahwa setiap musisi berhak untuk mendapat kesempatan yang sama agar karyanya dapat tampil di Apple Music .

Pesaing Apple dalam layanan streaming musik digital ini barangkali salah satunya Spotify. Persaingan antar keduanya memang tidak dapat terhindarkan dan masih terjadi sampai sekarang. Dari segi jumlah pengguna, Spotify dapat dikatakan lebih unggul dari Apple Music .

Berdasarkan data Businees of Apps, Spotify memiliki jumlah pengguna sebanyak 354 juta orang dan pelanggan 155 juta orang per Q4 2020. Sementara jumlah pelanggan dan pengguna Apple Music totalnya mencapai 60 juta orang. Data tersebut membuktikan bahwa jumlah pengguna Apple Music kalah telak dari Spotify.

baca juga: Google Tambahkan Fitur Label Privasi di Play Store

Editor: Ramadhani