Rencana Hapus Like Mendapat Beragam Respon, Instagram Kembangkan Fitur Baru

Instagram
Instagram (net)

KLIKPOSITIF - Instagram berencana untuk menghapus fitur like di postingan penggunanya. Tujuannya agar pengguna bisa lebih fokus pada foto atau video yang dibagikan, bukan berapa jumlah likes yang didapat.

Namun rencanan ini menuai pro kontra di berbagai kalangan pengguna. Kini Instagram kembali melakukan uji coba terkait dengan fitur jumlah likes di postingan. Alih-alih menghapusnya atau membiarkannya, Instagram justru berupaya menghadirkan opsi yang memungkinkan dua hal tersebut.

baca juga: Hanya 12 Persen Pengguna iOS yang Izinkan Pelacakan Aplikasi di Perangkatnya

Instagram sedang melakukan uji coba fitur toggle switch on-off jumlah likes di postingan. Melansir The Verge, uji coba fitur toggle switch ini dilakukan dalam skala kecil secara global. Terdapat tiga opsi toggle switch yang ditawarkan Instagram untuk jumlah likes di postingan.

Opsi pertama, pengguna dapat mematikan jumlah likes di semua postingan pengguna lain. Opsi kedua, pengguna bisa mematikan jumlah likes hanya di postingan pribadi saja. Opsi ketiga, pengguna dapat menyalakan jumlah likes di postingan pribadi maupun pengguna lain seperti biasa.

baca juga: Google Tambahkan Fitur Label Privasi di Play Store

Belum diketahui kapan Instagram akan resmi meluncurkan fitur toggle swtich on-off tersebut.Sebelumnya rencana Instagram menghapus fitur like sempat mendapat berbagi respon. Ada yang setuju karena menghilangkan fitur jumlah likes akan berdampak baik pada mental pengguna. Namun, ada pula yang tidak setuju karena fitur jumlah likes merupakan hal penting untuk mengukur enggagement sebuah akun Instagram .

Editor: Ramadhani