Kapan Harus Mengganti Ban Motor? Ini Ciri-cirinya

Ban
Ban (net)

KLIKPOSITIF - Ban motor merupakan komponen yang teramat penting pada kendaraan roda dua. Salah satu yang harus diketahui pengendara adalah tanda ban motor harus diganti.

Indikasi ban motor harus diganti penting untuk diketahui karena jika diabaikan akan bisa memicu kecelakaan di jalan raya dan membahayakan nyawa pengguna jalan. Dilansir dari Wahana Honda berikut sejumlah tanda ban motor harus diganti:

baca juga: LiveWire Bakal Jadi Nama Motor Listrik Harley-Davidson

Kondisi alur ban

Kondisi alur ban yang sudah menipis dan nyaris tak terlihat atau sudah gundul menjadi salah satu tanda ban motor harus diganti. Kondisi ini dapat mempengaruhi kenyamanan selama berkendara bahkan juga dapat meningkatkan risiko kecelakaan di jalan. Ban motor yang aus akan terasa jauh lebih licin ketika digunakan berkendara. Terlebih jika di tengah musim penghujan yang mana hal tersebut dapat membuat risiko terjadinya ban selip lebih besar sehingga Anda dapat tergelincir sewaktu-waktu.

baca juga: Mau Bikin Ketupat Untuk Lebaran? Simak Tips Ini Dulu Agar Terasa Enak

Jarak tempuh kendaraan

Umumnya, ban motor bagian depan direkomendasikan untuk diganti setelah digunakan untuk menempuh jarak hingga 12.000 km. Sedangkan pada ban belakang lebih disarankan untuk menggantinya ketika berkendara 10.000 km. Namun demikian jarak tempuh seringkali tak bisa dijadikan satu-satunya tanda ban motor harus diganti. Penting untuk memastikan tidak ada retakan, benjol ataupun bagian yang aus pada ban .

baca juga: Toyota Raize Hadir di Indonesia, Segera Booking Melalui Auto2000 Agar Dapat Memanfaatkan Diskon PPnBM 100%

Usia ban

Idealnya, usia ban motor hanya berkisar 1,5 hingga 2 tahun. Lebih dari itu disarankan untuk segera melakukan penggantian. Biasanya usia yang sudah cukup lama adalah tanda ban motor harus diganti, karena bisa memiliki berbagai gejala penyakit seperti bocor halus, retakan dan lain-lain.

baca juga: Belum Dibutuhkan KOnsumen, Honda CB150R Streetfire Tak Miliki Fitur Ini

Sering bocor

Tanda ban motor harus diganti terakhir adalah sering bocor. Ban motor yang sudah sering mengalami bocor saat digunakan berkendara juga sebaiknya harus segera diganti. Terlebih jika hal tersebut terjadi lebih dari 3 kali. Karena artinya ban tersebut sudah tidak berada dalam kondisinya yang prima.

Editor: Ramadhani