Apple Berencana Satukan Paspor ke Dalam iPhone

iPhone
iPhone (net)

KLIKPOSITIF - Apple berencana mengintegrasikan data-data yang ada dalam paspor kedalam iPhone pengguna. Ketika pengguna akan bepergian keluar negeri, mereka tidak perlu repot-repot membawa paspor dan hanya perlu mengeluarkan iPhone mereka saja.

Hal ini juga mengantisipasi banyaknya kasus pengguna lupa membawa paspor atau bahkan kehilangan paspornya. Bentuk intergrasi paspor yang akan dilakukan Apple ini sendiri akan berupa sebuah data digital.

baca juga: Hanya 12 Persen Pengguna iOS yang Izinkan Pelacakan Aplikasi di Perangkatnya

Apple mengatakan, data digital tersebut tidak akan pernah hilang dan akan selalu tersimpan di iPhone masing-masing pengguna. Selain itu, pengguna juga dapat mengakses data digital tersebut secara mudah kapanpun dan dimanapun.

Sementara itu, Apple dikabarkan juga bakal mengintegrasikan kartu identitas lain selain paspor kedalam iPhone pengguna. Kartu identitas lain tersebut adalah personal ID (KTP) dan lisensi mengemudi (SIM).

baca juga: Google Tambahkan Fitur Label Privasi di Play Store

Rencananya, kartu-kartu identitas tersebut akan disatukan dan dapat diakses di iPhone pengguna. Namun untuk mewujudkan hal tersebut, Apple harus memastikan bahwa data digital pengguna yang ada di iPhone sesuai dengan pemilik dari smartphone tersebut.

Jadi nantinya, tidak akan ada kasus pemalsuan data yang disebabkan karena pemilik iPhone tidak sesuai dengan identitas sesungguhnya. Terkait dengan tanggal rilis, Apple masih belum memberi tahu kapan mereka akan mulai merilis pengintegrasian ini di smartphone iPhone. Apple memastikan bahwa pengintegrasian ini akan dilakukan di semua negara di dunia, termasuk Indonesi

baca juga: Clubhouse Kini Tersedia untuk Pengguna Android

Editor: Ramadhani