Instagram Luncurkan Fitur Keamanan Baru

IG
IG (net)

KLIKPOSITIF - Instagram akan segera merilis fitur keamanan terbaru yang berguna untuk melindungi pengguna di bawah umur. Perilisan fitur baru ini diumumkan langsung melalui website resminya pada 16 Maret 2021.

Dengan fitur baru ini, Instagram berharap dapat menciptakan suasana interaksi media sosial yang aman dan ramah bagi pengguna yang masih di bawah umur. Instagram akan bekerja sama dengan pihak eksternal dalam proses pengembangan fitur terbaru ini. Kerjasama antara Instagram dan pihak eskternal ini meliputi pembuatan beberapa aturan dan bimbingan kepada pengguna di bawah umur.

baca juga: Apple Buat Face ID dan Touch ID untuk Autentifikasi Aplikasi

Selain itu, Instagram juga akan memanfaatkan artificial intelligence (AI) buatan mereka guna semakin memberikan perlindungan bagi semua golongan usia. Sebagai informasi tambahan, Instagram diketahui memang mengizinkan pengguna dengan rentang usia 13-18 tahun untuk membuat dan memiliki akun mereka sendiri.

Poin utama dari cara kerja dari fitur baru Instagram ini adalah melarang orang dewasa untuk bertukar pesan dengan pengguna di bawah umur melalui Direct Message (DM). Bahkan, pengguna di bawah umur juga dapat memblokir akun dari orang dewasa asing yang menghubungi mereka lewat DM Instagram .

Sementara itu, fitur baru ini hanya berlaku bagi orang dewasa yang tidak mengikuti (Follow) akun Instagram pengguna di bawah umur. Jadi, bagi orangtua maupun kerabat pengguna di bawah umur yang masuk kategori orang dewasa, tetap dapat saling bertukar pesan melalui DM Instagram .

baca juga: Microsoft Segera Rilis xCloud Gaming untuk Perangkat Apple

Rencananya, Instagram akan merilis fitur baru ini bagi semua pengguna sistem operasi (OS) iOS dan Android, serta Instagram for web. Saat ini, fitur terbaru ini dikabarkan sedang dalam tahap ujicoba terbatas di Amerika Serikat. Namun kedepannya, Instagram telah mengkonfirmasi bahwa fitur ini akan segera dirilis di beberapa negara di dunia, termasuk di Indonesia.

Editor: Ramadhani