WhatsApp Kembangkan Fitur Keamanan Baru

WhatsApp
WhatsApp (net)

KLIKPOSITIF - WhatsApp disebut sedang mengembangkan fitur keamanan berbasis enkripsi untuk menjamin keamanan backup chat di iCloud.

Dilansir dari @WABetaInfo, pengembangan fitur keamanan enkripsi backup chat Whatsapp di iCloud masih berada pada tahap awal. Ketika fitur ini telah tersedia, pengguna dapat mengatur kata sandi yang bersifat pribadi tanpa seorangpun tau, bahkan pihak Whatsapp sendiri.

baca juga: Apple Buat Face ID dan Touch ID untuk Autentifikasi Aplikasi

Fitur keamanan enkripsi ini bertujuan untuk melindungi database chat dan media yang tersimpan di iCloud dari kebocoran data personal. Rencananya fitur keamanan enkripsi backup chat di cloud ini akan hadir di perangkat android dan iOS.

Saat ini, Whatsapp di perangkat iPhone telah mendukung fitur backup chat pengguna di iCloud. Namun, chat dan media yang telah dibackup pengguna masih belum terlindungi oleh enkripsi end-to-end dari Whatsapp .Sebenarnya, Apple telah menyediakan kunci enkripsi untuk melindungi iCloud, dan akan menyediakan seluruh data cadangan kepada pihak berwenang jika diminta. Disisi lain, WhatsApp sepertinya menganggap hal ini merupakan sebuah celah dalam keamanan data backup chat di iCloud.

Whatsapp berusaha mengembangkan fitur keamanan yang memungkinkan pengguna mengenkripsi dan mengatur kata sandi di history chat yang akan mereka backup di iCloud. Dengan password dan enkripsi tersebut, satu-satunya pihak yang bisa mengakses history chat Whatsapp hanyalah pengguna itu sendiri.

baca juga: Microsoft Segera Rilis xCloud Gaming untuk Perangkat Apple

Pengembangan fitur keamanan berbasis enkripsi ini sepertinya merupakan langkah WhatsApp untuk memperbaiki blunder kebijakan privasi yang sempat membuat penggunanya berpindah ke platform chat lain seperti Signal dan Telegram. Belum ada kabar resmi dari pihak Whatsapp tentang jadwal peluncuran fitur keamanan enkripsi backup chat ini.

Editor: Ramadhani