Instagram Tidak Menampilkan Likes di Unggahan Foto? Ternyata Ini Penyebabnya

Ilustrasi
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Haswandi)

KLIKPOSITIF - Instagram secara tidak sengaja menyembunyikan likes dalam foto pengguna beberapa waktu lalu. Diketahui, ternyata ini merupakan uji coba untuk tidak menampilkan likes di unggahan foto.

"Kami telah menguji pengalaman baru untuk menyembunyikan suka pada postingan Feed. Kami tidak sengaja menambahkan lebih banyak orang ke pengujian hari ini, di mana hal itu merupakan bug," tulis akun resmi Instagram , dikutip dari SocialMediaToday, Senin (8/3/2021).

baca juga: Instagram Luncurkan Fitur Keamanan Baru

Head of Instagram Adam Mosseri juga memberikan klarifikasi serupa. Menurutnya, likes disembunyikan ini dimaksudkan untuk beberapa orang yang memang menginginkannya.

"Kami secara tidak sengaja meluncurkan Like Counts kepada banyak orang, kami minta maaf," katanya dalam akun Twitter @mosseri.

baca juga: Kembang Fitur Baru, Instagram Uji Coba Auto Caption Sticker

"Jelas ini adalah ide yang sangat terpolarisasi. Jadi saat ini, yang kami cari adalah, adakah cara bagi kami untuk menghadirkan jumlah likes kepada mereka yang tertarik dan bukan mereka yang tertarik," tambahnya.

Instagram sebelumnya telah menguji coba opsi likes tersembunyi pada Januari lalu. Peneliti aplikasi Alessandro Paluzzi membagikan screenshot yang berisi opsi baru dalam kode back-end Instagram .

baca juga: Live Rooms, Fitur Baru Instagram untuk Live dengan Banyak Pengguna

Opsi ini dapat memungkinkan pengguna untuk memilih apakah mereka mau menyembunyikan ataupun menampilkan likes dalam postingan mereka.

Fitur menampilkan atau menyembunyikan likes ini masih jadi perdebatan apakah positif atau negatif.

baca juga: Pengusaha Ini Didoakan Publik Berjodoh dengan Ayu Ting-ting

Bagi sebagian orang, jumlah likes diibaratkan sebagai bentuk mata uang sosial sekaligus menandakan tekanan untuk memenuhi standar tertentu.

Jumlah liks juga menjadi indikator sebuah brand atau penjual sebagai indikator kesuksesan mereka. Hilangnya jumlah likes akan berdampak pada citra tersebut.

Meski begitu, Mosseri belum memberitahu kapan Instagram akan benar-benar menerapkan fitur menyembunyikan jumlah likes ini. Namun, ia memberi bocoran bahwa fitur akan segera hadir dalam satu atau dua bulan ke depan.

Sumber : suara.com

Editor: Haswandi