Lakukan Ini Agar Rem Mobil Tetap Pakem Usai Terjang Genangan Air

ilustrasi
ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Curah hujan yang masih cukup tinggi membuat ruas jalan di sejumlah wilayah Indonesia tergenang air. Oleh karena itu pemilik mobil mesti tetap waspada memperhatikan kondisi mobil , utamanya sistem pengereman.

Saat harus menerabas genangan air atau banjir , terkadang rem menjadi macet atau tidak berfungsi dengan maksimal karena air masuk dalam sistemnya. Namun seiring waktu biasanya akan pulih kembali.

baca juga: Kapan Harus Mengganti Ban Motor? Ini Ciri-cirinya

Apabila mengalami hal ini, jangan buru-buru panik karena ada solusinya. Mengutip laman mobil88, pemilik mobil cukup menjalankan mobil seperti biasa, karena air yang menempel atau masuk ke sistem pengereman dengan sendirinya akan menguap.

Air Menyebabkan Rem Mobil Macet

baca juga: Ikatan Pemuda Flobamora Sumbar Kirim 1 Ton Bantuan untuk Korban Bencana NTT

- Kesalahan yang sering terjadi yaitu setelah mobil menerabas banjir tidak langsung digunakan berjalan atau didiamkan begitu saja. Kondisi seperti ini yang akan menjadikan sistem pengereman menjadi macet.

- Pasalnya kampas rem akan menempel ke bagian cakram atau tromol. Kondisi itu yang menyebabkan rem menjadi macet.

baca juga: BMKG Ingatkan Masyarakat Waspadai Ancaman Banjir

Solusinya Cukup Mudah

- Apabila tetap macet, maka salah satu solusinya adalah dengan cara membuka bagian sistem pengereman, kemudian dibersihkan sampai benar-benar tidak ada kotoran atau air yang menempel di sistem pengereman.

baca juga: 4 Varietas Cabai Rawit Terbaik dan Tips Perawatannya

Editor: Eko Fajri