Hasil Pengujian, Chrome Gunakan RAM Jauh Lebih Besar dari Safari

Chrome
Chrome (net)

KLIKPOSITIF -Hasil sebuah pengujian menunjukan bahwa Chrome menggunakan menggunakan RAM 10 kali lipat lebih besar daripada Safari. Google Chrome telah tersedia di MacOS Big Sur sejak awal perilisannya pada 17 November 2020 lalu.


Aplikasi ini merupakan salah satu browser di MacOS yang terkenal dengan kecepatan dan responsifitasnya dalam melakukan aktivitas browsing.

Pengujian yang dilakukan pengembang browser Flotato, Morten Just membandingkan penggunaan RAM antara Chrome dan Safari pada saat membuka tab Gmail dan Twitter secara bersamaan.

baca juga: Apple Sebut Pengguna iOS14 Kini Capai 86 Persen dari Total Pengguna iPhone

Hasil pengujian pertama menunjukan bahwa Chrome menggunakan menggunakan RAM 10 kali lipat lebih besar daripada Safari. Pada pengujian kedua, Morten membandingkan penggunaan RAM antara Chrome dan Safari untuk membuka 54 tab secara bersamaan.

Hasil pengujian kedua menunjukan bahwa Chrome menggunakan RAM 24 kali lebih besar daripada Safari. Penggunaan RAM yang besar di Chrome disebabkan karena ia membagi alokasi RAM setiap tab yang terbuka secara terpisah. Jadi setiap tab memiliki alokasi RAM dan CPU tersendiri di Task Manager.

baca juga: Google Segera Luncurkan 3 Filter Baru untuk YouTube Kids

Hal tersebut menjadikan Chrome mampu meningkatkan responsifitas dan kecepatan browsing yang lebih baik dibandingkan dengan Safari. Disisi lain, Safari memakan RAM yang lebih sedikit, namun responsifitas dan kecepatannya sedikit lebih pelan dibandingkan Chrome.

Selain itu, penggunaan fan dan processor saat melakukan browsing di Safari lebih tenang. Sedikit saran buat kalian, jika kalian sedang melakukan aktivitas Mac yang berat seperti design, edit video ataupun gaming, usahakan gunakan browser yang ringan agar tidak mengganggu performa aplikasi editing mupun gaming.

baca juga: Update macOS Big Sur Terbaru Dirilis, Ini Masalah yang Diperbaiki

Editor: Ramadhani