Terus Melonjak, Pengguna Aplikasi Clubhouse Kian Meningkat

Clubhouse
Clubhouse (net)

KLIKPOSITIF - Jumlah pengguna aplikasi Clubhouse terus meningkat. Jika dibandingkan dengan minggu pertama sejak aplikasi ini mulai populer, jumlah ini mengalami peningkatan sebanyak 2x lipat.

Peningkatan ini diungkap oleh App Annie. App Annie merupakan perusahaan yang bergerak dibidang analisa performa aplikasi mobile di seluruh platform Android maupun iOS. Clubhouse sendiri merupakan sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan asal Amerika, Alpha Exploration.

baca juga: Apple Sebut Pengguna iOS14 Kini Capai 86 Persen dari Total Pengguna iPhone

Aplikasi ini sendiri menjadi populer setelah adanya postingan di akun Twitter Elon Musk terkait aplikasi ini. Dalam postingan Twitternya, Bos Tesla itu mengundang semua orang untuk hadir di sebuah diskusi yang bakal diadakan di Clubhouse.

Cuitan tersebut akhirnya menjadi viral dan grafik jumlah pengguna Clubhouse pun terus mengalami kenaikan dari waktu ke waktu. Data yang telah dikumpulkan oleh App Annie menujukkan bahwa pada awal bulan Februari, atau tepatnya setelah Elon Musk mempopulerkan aplikasi ini, jumlah pengunduh Clubhouse pada saat itu sekitar 3.5 juta.

baca juga: Google Segera Luncurkan 3 Filter Baru untuk YouTube Kids

Per tanggal 19 Februari 2021, jumlah pengunduh perangkat yang berbasis audio sharing ini telah mencapai 8.1 juta unduhan di App Store. Hal ini menujukkan adanya perkembangan yang signifikan dari Clubhouse dibandingkan dengan awal bulan ini.

Kedepannya, jumlah ini diprediksi akan terus mengalami peningkatan seiring dengan semakin populernya aplikasi ini. Bahkan App Annie memprediksi jumlah pengunduh aplikasi ini bisa mencapai 10 juta unduhan dalam beberapa minggu kedepan.

baca juga: Update macOS Big Sur Terbaru Dirilis, Ini Masalah yang Diperbaiki

Sampai saat ini, Clubhouse baru dapat digunakan secara eksklusif di perangkat iOS. Kedepannya, Alpha Exploration bakal terus berinovasi sehingga nantinya Clubhouse ini bisa bersaing dengan aplikasi media sosial serupa yang sudah terlebih dahulu populer seperti Whatsapp, Telegram, dan lain sebagainya.

Editor: Ramadhani