Disetujui Pemerintah, Apple Produksi iPad di India

iPad
iPad (net)

KLIKPOSITIF - Pemerintah India dan Apple diberitakan sedang dalam pembicaraan terkait rencana produksi iPad di negara itu. Dilansir dari Reuters.com, Apple berupaya untuk berpartisipasi dalam skema baru pemerintah India untuk meningkatkan kuantitas ekspor produk mereka.

Pemerintah dan beberapa perusahaan besar India juga berencana untuk membawa perusahaan manufaktur iPad ke kawasan Asia Selatan. Tahun lalu Perdana Menteri India Narendra Modi mengumumkan skema PLI (Performance Linked Incentive) yang mendorong perusahaan besar seperti Apple untuk memproduksi lebih banyak produk di negara tersebut.

baca juga: Google Tutup Aplikasi Google Shopping, Masih Bisa Dipakai Hingga Juni

Pemerintah India menggelontorkan dana senilai 1 Milliar US Dollar dan menawarkan cashback bagi para supplier dan produsen untuk aktivitas ekspor. Pemerintah India meluncurkan skema tersebut dengan tujuan untuk meningkatkan promosi manufaktur elektronik dan memperluas lapangan kerja.

Berdasarkan sumber yang dihimpun oleh Reuters, Apple dilaporkan menjadi salah satu perusahaan yang melobi pemerintah India untuk meningkatkan proposal baru menjadi 2,7 Milliar US Dollar. Besarnya permintaan dana yang diminta oleh Apple dikarenakan kurangya supply chain yang diperlukan untuk memproduksi barang elektronik di India .

baca juga: Facebook Siapkan Fitur Baru untuk Dorong Vaksinasi Covid-19

Dari laporan Asia.nikkei.com, beberapa supplier Apple seperti Pegatron telah beroperasi di India sejak 2020. Pegatron dikabarkan meningkatkan investasinya di India sebesar 150 juta US dollar.

Hal ini mengindikasikan bahwa ada kemungkinan yang cukup besar bahwa Apple akan menjadikan kawasan Asia Selatan sebagai salah satu target pasar prioritas.

baca juga: Sony Bakal Rilis Game Bikinannya di iPhone

Editor: Ramadhani