Aplikasi Clubhouse Terancam Diblokir Kominfo

Clubhouse
Clubhouse (net)

KLIKPOSITIF - Clubhouse, aplikasi media sosial berbasis audio tengah menjadi barang baru bagi netizen di Indonesia. Masyarakat Indonesia mulai bermigrasi dan menjajal aplikasi tersebut dalam beberapa waktu terakhir.

Namun, euforia masyarakat terhadap Clubhouse terancam akan segera usai dalam waktu dekat. Pasalnya, aplikasi tersebut bisa saja diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kominfo ) karena belum terdaftar sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) di Indonesia.

Juru bicara Kominfo menegaskan bahwa aplikasi yang tidak terdaftar akan mendapat sanksi. "Sesuai PM Nomor 5 Tahun 2020, bagi (PSE) yang tidak mendaftar sesuai kebijakan yang berlaku, akan mendapat sanksi administrasi berupa pemutusan akses,"

baca juga: Instagram Bakal Ubah Tampilan Fitur Explore, Diprediski Mirip Reels

Sampai saat ini, Clubhouse diketahui masih belum terdaftar. Kendati demikian, Clubhouse masih punya waktu hingga 24 Mei 2021 untuk mendaftarkan diri sebagai PSE.

Sebab batas waktu pendaftaran berlangsung selama 6 bulan sejak peraturan diteken 24 November 2020. Jika tidak, maka pengguna Clubhouse di Indonesia bisa saja gigit jari alias tidak dapat menggunakan sosial media ini lagi.

baca juga: Hari Ini Twitter Resmi Hapus Fitur Fleets

Editor: Ramadhani