Hyundai dan Apple Bahas Kerja Sama Produksi Kendaraan Listrik

ilustrasi: mobil listrik
ilustrasi: mobil listrik (net)

KLIKPOSITIF - Hyundai dan Apple diberitakan akan bekerja sama menggarap mobil listrik. Kedua perusahaan ini dikabarkan sedang dalam tahap pembicaraan awal pengembangan kendaraan listrik.

Dilansir dari Korea Economic Daily TV, iPhone dan Hyundai sedang dalam diskusi untuk mengembangkan kendaraan listrik tanpa pengemudi yang direncanakan meluncur pada 2027.

baca juga: Kawasaki Ninja H2 SX Uji Kemampuan Fitur Radar

" Apple dan Hyundai sedang dalam diskusi, tetapi karena masih tahap awal, belum ada yang diputuskan," kata Hyundai dalam sebuah pernyataan, dikutip dari The Guardian.

Namun sayangnya dalam pernyataan yang disampaikan pembuat mobil asal Korea Selatan tersebut tidak menjelaskan terkait rencana masa depan dari kedua perusahaan. Demikian juga dengan Apple yang menolak berkomentar. Pasalnya perusahaan pembuat iPhone ini memang dikenal tidak pernah terbuka terkait rencana masa depan perusahaan.

baca juga: Apple Sebut Pengguna iOS14 Kini Capai 86 Persen dari Total Pengguna iPhone

Mobil listrik bermerek Apple bisa menjadi tantangan besar bagi pemimpin pasar kendaraan listrik Tesla Inc. Namun masih belum jelas dengan siapa Tesla akan berkerjasama. Selain Hyundai , perusahaan teknologi yang berpusat di Amerika Serikat (AS) ini disebut juga tengah melakukan penjajakan dengan perusahaan otomotif lain. Hanya saja memang belum diketahui pasti mana perusahaan yang akan dipinang oleh Apple .

Sementara para analis memprediksi, mereka ( Apple ) akan bergantung pada perusahaan manufaktur sebagai mitra masa depan.

baca juga: Kementerian ESDM Komunikasikan Aksi Mitigasi Bencana Lewat "Ngaboba"

"Kami sangat percaya Apple pada akhirnya mengumumkan kemitraan strategis mobil listrik pada 2021 dan segera merambah industri otomotif," kata analis Wedbush dalam sebuah catatan.

Editor: Ramadhani