Tak Sesuai Aturan, Apple Hapus Puluhan Ribu Game dan Aplikasi di China

Apple
Apple (net)

KLIKPOSITIF - Apple diberitakan telah menghapus puluhan ribu game dan aplikasi dari App Store di China .

Salahsatu game populer yang dihapus adalah Assassin's CreedIdentity.Perusahaan pimpinan Tim Cook itu, kembali melakukan penghapusan banyak aplikasi yang dianggap melanggar aturan pemerintah di sana.

baca juga: Baru Pindah dari WA ke Telegram, Ini Fitur Unggulan yang Harus Diketahui

Dilansir dari 9to5mac tak tanggung-tanggung, sebanyak 46 ribu aplikasi App Store telah dihapus. Undang-undang China mengharuskan pengembang memiliki lisensi resmi dari pemerintah untuk merilis aplikasi .

Namun, kebijakan yang diterapkan tidak berjalan mulus seperti yang diharapkan Sejumlah pengembang, khususnya pengembang asing mengaku kesulitan mendapat lisensi tersebut. Mereka pun mau tidak mau jadi terkesan melanggar aturan dan dilarang mengedarkan aplikasi di negara tersebut.

baca juga: Apple Sebut Pengguna iOS14 Kini Capai 86 Persen dari Total Pengguna iPhone

Satu hal yang menarik, sebagian besar penghapusan aplikasi ini berfokus pada game . Dari total 46 ribu aplikasi yang sudah dihapus, 39 ribu adalah aplikasi game baik gratis maupun berbayar.

Khusus untuk game berbayar, saat ini hanya ada 74 game yang mampu bertahan dari total 1,500 game . SelainAssassin's CreedIdentity, judul populer lain yang juga ikut terseret adalah NBA 2K20. Apple sendiri sebenarnya telah memberi tenggat waktu kepada para pengembang untuk mendapat lisensi.

baca juga: Google Segera Luncurkan 3 Filter Baru untuk YouTube Kids

Pada awalnya, tenggat waktu diberlakukan hingga akhir Juli 2020. Namun, Apple memperpanjangnya hingga 31 Desember 2020, dan ternyata masih ada aplikasi yang belum mendapat lisensi. Dengan begitu, Apple terpaksa menghilangkan aplikasi -aplikasi tersebut dari perederan.

Editor: Ramadhani