Honda Kembangkan Masker untuk Mobil

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Honda tengah mengembangkan teknologi masker mobil. Dilansir dari Carscoops, Honda membuat masker penangkal virus yang bernama Kurumask.

Masker mobil ini diklaim sanggup menyaring virus di udara hingga 99,8 persen dalam waktu 15 menit. Alat ini bekerja dengan menggunakan paku mikroskopis di permukaannya untuk menangkap dan merusak virus yang melewatinya. Desainer dari Kurumask terinspirasi oleh cara membersihkan diri yang dilakukan seekor capung.

Berdasarkan sebuah penelitian akademis, capung dikabarkan menggunakan paku yang serupa untuk bisa menjaga kebersihan sayapnya. Honda pun sudah melakukan percobaan dan melalui beberapa pengujian di laboratorium mereka. Dalam pengujian Honda yang menggunakan molekul E.coli, Kurumask menyingkirkan droplet virus hingga 99,8 persen dalam waktu 15 menit dan 99,9 persen dalam 24 jam.

"Kami ingin membuat pengemudi merasa aman dan nyaman. Bahkan saat mereka menutup jendela mobil di dalam cuaca yang dingin," jelas Takaharu Echigo, sosok yang bertanggungjawab pada pengembangan 'masker' untuk mobil tersebut.

baca juga: Kawasaki Ninja H2 SX Uji Kemampuan Fitur Radar

Kurumask bekerja benar-benar seperti masker , karena hanya ditempelkan ke filter ke kabin udara dan dapat bertahan hingga satu tahun. Masker ini menggunakan duri-duri berukuran sangat kecil yang menangkap dan merusak virus yang berusaha melewati. Namun apakah masker mobil ini mampu menangkal virus corona yang saat ini menjadi sorotan karena tak kunjung mereda?

Jika bisa, masker mobil ini bisa menjadi solusi tepat untuk para pemobil yang ingin terhindar dari penyebaran virus corona.

baca juga: Kementerian ESDM Komunikasikan Aksi Mitigasi Bencana Lewat "Ngaboba"

Editor: Ramadhani